PENGALAMAN DAN PERSEPSI PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM SRIWIJAYA

SARI, WULAN KURNIA and Idris, Haerawati and Misnaniarti, Misnaniarti (2024) PENGALAMAN DAN PERSEPSI PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM SRIWIJAYA. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_13101_10012682327010.pdf] Text
RAMA_13101_10012682327010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13101_10012682327010_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_13101_10012682327010_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13101_10012682327010_0910038601_0009067602_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_13101_10012682327010_0910038601_0009067602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_13101_10012682327010_0910038601_0009067602_02.pdf] Text
RAMA_13101_10012682327010_0910038601_0009067602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13101_10012682327010_0910038601_0009067602_03.pdf] Text
RAMA_13101_10012682327010_0910038601_0009067602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13101_10012682327010_0910038601_0009067602_04.pdf] Text
RAMA_13101_10012682327010_0910038601_0009067602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (935kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13101_10012682327010_0910038601_0009067602_05.pdf] Text
RAMA_13101_10012682327010_0910038601_0009067602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (92kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13101_10012682327010_0910038601_0009067602_06_ref.pdf] Text
RAMA_13101_10012682327010_0910038601_0009067602_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13101_10012682327010_0910038601_0009067602_07_lamp.pdf] Text
RAMA_13101_10012682327010_0910038601_0009067602_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang peningkatan kualitas pelayanan kesehatan memiliki peran penting terhadap kepuasan pasien. Dalam satu dekade terakhir kepuasan pasien bergeser ke konsep pengalaman pasien, dan menjadi indikator dalam pengukuran kualitas pelayanan kesehatan dibeberapa negara. Indonesia masih jarang menggunakan pengalaman pasien sebagai pengukuran kualitas pelayanan kesehatan di Rumah sakit termasuk di RSU Sriwijaya Palembang. Tujuan untuk mengeksplorasi pengalaman dan persepsi pasien JKN terhadap pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Sriwijaya Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan 23 informan, terdiri dari 20 informan utama dan 3 informan kunci. Penelitian dilaksanakan dibulan Juli 2024 sampai Agustus 2024. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi serta telaah dokumen kemudian penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis konten dan divalidasi menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini mendapatkan tujuh tema dari pengalaman dan persepsi pasien JKN terhadap pelayanan kesehatan di RSU Sriwijaya dan kaitannya dengan kualitas pelayanan kesehatan yaitu pelayanan sesuai kompetensi, sikap pemberi pelayanan, pelayanan gizi yang sesuai, akses sarana yang mudah, prasarana memadai, komunikasi, dan pendaftaran administrasi. Kesimpulan lima dari tujuh tema yang didapatkan berdasarkan pengalaman dan persepsi pasien JKN di RSU Sriwijaya sudah sangat baik dan sesuai dengan kebutuhan pasien. Namun dua dari tujuh tema yang belum sesuai seperti komunikasi antara petugas dan pasien yang belum maksimal serta pendaftaran administrasi yang lama. Rumah Sakit diharapkan dapat membuat kebijakan tentang SOP dan evaluasi komunikasi efektif serta menambah SDM dibagian pendaftaran administrasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman dan Persepsi, Pasien JKN, Kualitas Pelayanan Kesehatan.
Subjects: K Law > KB Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KBM3075-3097 Public health
Divisions: 10-Faculty of Public Health > 13101-Public Health Science (S2)
Depositing User: Wulan Kurnia Sari
Date Deposited: 07 Jan 2025 08:07
Last Modified: 07 Jan 2025 08:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/162903

Actions (login required)

View Item View Item