PRATAMA, HANI JULISA and Putra, Apriansyah (2025) ANALISIS FAKTOR PENENTU KEPUASAN PENGGUNA (PEGAWAI KECAMATAN) CARIYANLIK DI KECAMATAN PALEMBANG MENGGUNAKAN MODEL END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_57201_09031482326009.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_57201_09031482326009_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_57201_09031482326009_0208047701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (737kB) |
|
Text
RAMA_57201_09031482326009_0208047701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (621kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_57201_09031482326009_0208047701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (355kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_57201_09031482326009_0208047701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (511kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_57201_09031482326009_0208047701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_57201_09031482326009_0208047701_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (16kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_57201_09031482326009_0208047701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (749kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini secara spesifik untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap sistem Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (Cariyanlik) di Kota Palembang. Yang mana sistem Cariyanlik ini merupakan sistem pelayanan terpadu yang digunakan khususnya bagi pegawai kecamatan dalam melayani keperluan administrasi kependudukan di Kota Palembang. Dari hasil pengamatan penulis terhadap penggunaan terhadap Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (Cariyanlik) di Kota Palembang, penulis mendapati bahwa ada beberapa keluhan, yakni terkadang sistem mengalami gangguan teknis, misalnya reload halaman yang cukup lama, terkadang halaman awal yang tidak bisa diakses, proses download berkas yang cukup lama, serta beberapa data yang belum diperbaharui. Hal-hal tersebut dianggap cukup berpengaruh terhadap tingkat penerimaan pengguna pada sistem ini. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model End User Computing Satisfaction (EUCS), dengan pertimbangan bahwa model EUCS, sangat relevan dan dapat dengan mudah memberikan hasil yang tepat dalam menjelaskan tingkat kepuasan penggunaan sistem SIPPN. Analisis dilakukan menggunakan model EUCS untuk menentukan pengaruh dari setiap variabel EUCS terkait kepuasan pengguna SIPPN kecamatan di Kota Palembang, serta menggunakan SmartPLS sebagai tools analisisnya, Data yang di gunakan dalam Penelitian ini di dapat dengan cara menyebarkan Kuisioner kepada 119 Responden yang merupakan pegawai Kecamatan di kota palembang, data yanng telah dikumpulkan kemudian di olah dengan Menggunakan aplikasi SmartPLS, Berdasarkan hasil analisis pengukuran tingkat kepuasan pengguna didapatkan hasil P values dari variabel Content (0,002), Accuracy (0,010), Format (0,326), Ease of Use (0,002), dan Timeliness (0,005), dapat disimpulkan bahwa dari lima hipotesis yang dilakukan terdapat satu variabel format yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna, Hal tersebut dikarenakan sistem belum menyediakan semua layanan secara lengkap, sementara 4 variabel lainnya, yakni variabel content, accuracy, variabel Ease of Use dan timeliness sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Tingkat Kepuasan, Pelayanan, Publik, EUCS |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology (General) |
Divisions: | 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1) |
Depositing User: | Hani Julisa Pratama |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 03:10 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 03:10 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/163502 |
Actions (login required)
View Item |