ANALISIS PERBANDINGAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE LOKAL OJIN DAN GRAB MENGGUNAKAN METODE HEART METRICS

FITRI, ASMI NAYA and Indah, Dwi Rosa (2024) ANALISIS PERBANDINGAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI TRANSPORTASI ONLINE LOKAL OJIN DAN GRAB MENGGUNAKAN METODE HEART METRICS. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_57201_09031282126088.pdf] Text
RAMA_57201_09031282126088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[thumbnail of RAMA_57201_09031282126088_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_57201_09031282126088_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031282126088_0013018204_front_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031282126088_0013018204_front_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (689kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031282126088_0013018204_02.pdf] Text
RAMA_57201_09031282126088_0013018204_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (424kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031282126090_0013018204_03.pdf] Text
RAMA_57201_09031282126090_0013018204_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031282126090_0013018204_04.pdf] Text
RAMA_57201_09031282126090_0013018204_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031282126090_0013018204_05.pdf] Text
RAMA_57201_09031282126090_0013018204_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031282126088_0013018204_06_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031282126088_0013018204_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031282126088_0013018204_07_lamp.pdf] Text
RAMA_57201_09031282126088_0013018204_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indralaya mempermudah akses layanan transportasi online bagi masyarakat Kabupaten Ogan Ilir, Aplikasi Ojek Indralaya (Ojin) dirancang untuk memfasilitasi penduduk dengan berbagai fitur, seperti layanan antar-jemput motor/mobil, pemesanan makanan dan laundry laundryNamun, dengan hadirnya aplikasi Grab ke pasar Indralaya pada tahun 2022, lanskap persaingan dalam sektor transportasi online mengalami perubahan yang signifikan. Penelitian ini memilih menggunakan HEART metrics, metode ini diterapkan untuk mengukur pengalaman pengguna yang berdasarkan pada metrik dan berpusat pada pengalaman pengguna (user’s feeling) yang termasuk “emosi pengguna, keyakinan, preferensi, persepsi, fisik, tanggapan psikologis, perilaku dan prestasi yang terjadi sebelum, selama, dan setelah menggunakan sebuah aplikasi mobile” terdapat 5 variabel yang harus digunakan selama evaluasi berupa Happiness, Engagement, Adoption, Retention, dan Task success. Dari hasil penelitian terhadap pengalaman pengguna aplikasi Ojin dan Grab, ditemukan bahwa Grab secara signifikan lebih unggul dalam lima variabel utama, yaitu Happiness, Engagement, Adoption, Retention, dan Task Success, dengan persentase tertinggi mencapai 82,05% pada variabel Happiness dan 81,26% pada Task Success, sementara Ojin mencatat nilai terendah pada masing-masing variabel. Sementara Ojin mencatat nilai terendah pada masing-masing variabel dan kategori “kurang baik” pada variabel Happiness dengan persentase 63,58%. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Sriwijaya wilayah Indralaya sebagai pengguna merasa lebih puas, terlibat, dan Sebagai saran, pengembang aplikasi Ojin disarankan untuk melakukan evaluasi pada desain visual aplikasi untuk kemudahan dan kenyamanan pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: UX,Analisis Perbandingan
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology > T58.6.E9 Management information systems -- Congresses.
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Asmi Naya Fitri
Date Deposited: 10 Jan 2025 05:03
Last Modified: 10 Jan 2025 05:03
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/163650

Actions (login required)

View Item View Item