KARTIKA, NINI and Hartono, Hartono (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84204_06101282126021.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101282126021_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101282126021_0017106703_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (966kB) |
|
Text
RAMA_84204_06101282126021_0017106703_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (181kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101282126021_0017106703_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (291kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101282126021_0017106703_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (528kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101282126021_0017106703_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (140kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101282126021_0017106703_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (233kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06101282126021_0017106703_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem- Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi pemanasan global. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest- posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model PBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode Direct learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi pemanasan global di SMA Negeri 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling yang melibatkan 62 siswa, terdiri atas 31 siswa dari kelas X.2 sebagai kelompok kontrol dan 31 siswa dari kelas X.4 sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian meliputi tes hasil belajar (pretest dan posttest) serta lembar observasi. Hasil analisis data dengan uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi (sig. (2-tailed)) sebesar 0,003 (<0,05), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pemanasan global di SMA Negeri 2 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem-Based Learning, hasil belajar, pemanasan global |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Nini Kartika |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 01:59 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 01:59 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/164548 |
Actions (login required)
View Item |