YUDATAMA, RISKI and Effendi, Effendi and W, K. Anom. (2015) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS GUIDED DISCOVERY MATERI STOIKIOMETRI UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 TANJUNG RAJA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84204_06111010034_0006106003_0006045902_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (652kB) | Preview |
Text
RAMA_84204_06111010034_0006106003_0006045902_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (358kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111010034_0006106003_0006045902_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (739kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111010034_0006106003_0006045902_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111010034_0006106003_0006045902_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (109kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111010034_0006106003_0006045902_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (225kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84204_06111010034_0006106003_0006045902_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Berbasis Guided Discovery Materi Stoikiometri dengan memenuhi kereteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian ADDIE dan dimodifikasi dengan metode evaluasi formatif Tessmer. Tahapan evaluasi formatif Tessmer pada penelitian ini meliputi self-evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test evaluation. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi, lembar wawancara dan lembar soal tes. Pada saat expert review menggunakan ahli pedagogik, ahli materi dan ahli desain. Tahap one-to-one dan small group digunakan kelas X.1 SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Field test evaluation dilakukan pada siswa kelas X.1 Negeri 3 Tanjung Raja sebagai kelas uji coba modul. Tahap expert review didapat skor akhir validasi aspek pedagogik 3,75 (sangat valid), aspek materi 3,50 (sangat valid), aspek desain 3,40 (sangat valid). Tahap one-to-one didapat skor akhir kepraktisan 3,77 (sangat praktis) dan tahap small group didapat skor akhir kepraktisan 3,88 (sangat praktis). Tahap field test evaluation didapat skor gain 0.69 (skor gain sedang). Hasil penelitian ini adalah modul kimia berbasis Guided Discovery yang valid, praktis dan efektif pada materi Stoikiometri untuk siswa SMA Negeri 3 Tanjung Raja. Disarankan guru dapat menggunakan modul ini sebagai media pendukung pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Pengembangan, Modul kimia, Guided Discovery Learning, Stoikiometri |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84204-Chemistry Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 15 Nov 2019 04:52 |
Last Modified: | 15 Nov 2019 04:52 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/16514 |
Actions (login required)
View Item |