STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA KOTA PALEMBANG DALAM MEMBANGUN DAYA TARIK WISATA MELALUI PROGRAM VIRTUAL TOUR 360° (STUDI PADA DINAS PARIWISATA KOTA PALEMBANG)

PUTRICIA, AUDREY SYIFA and Pratiwi, Miftha and Rahmawati, Annisa (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA KOTA PALEMBANG DALAM MEMBANGUN DAYA TARIK WISATA MELALUI PROGRAM VIRTUAL TOUR 360° (STUDI PADA DINAS PARIWISATA KOTA PALEMBANG). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_70201_07031382126263.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126263.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126263_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126263_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (25MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126263_0031059202_0029099204_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126263_0031059202_0029099204_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126263_0031059202_0029099204_02.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126263_0031059202_0029099204_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126263_0031059202_0029099204_03.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126263_0031059202_0029099204_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126263_0031059202_0029099204_04.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126263_0031059202_0029099204_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126263_0031059202_0029099204_05.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126263_0031059202_0029099204_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126263_0031059202_0029099204_06.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126263_0031059202_0029099204_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126263_0031059202_0029099204_07_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126263_0031059202_0029099204_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (194kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382126263_0031059202_0029099204_08_lamp.pdf] Text
RAMA_70201_07031382126263_0031059202_0029099204_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan dalam mempertahankan dan mengembangkan daya tarik destinasi wisata di sektor pariwisata mendorong Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang melakukan inovasi dalam mempromosikan potensi wisata, salah satu upaya yang dilakukan melalui program Palembang Virtual Tour 360°. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi komunikasi pemasaran oleh Dinas Pariwisata Kota Palembang, dalam membangun daya tarik wisata melalui program tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Teori yang digunakan adalah Marketing Communication Mix oleh Kotler dan Keller, yang mencakup delapan bauran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dalam membangun daya tarik wisata melalui program Palembang Virtual Tour 360° telah diterapkan secara offline dan online. Hal ini meliputi iklan di media sosial, media konvensional, dan website, promosi penjualan dengan penawaran khusus, penyelenggaraan event and experiences Virtual Tour 360, hubungan masyarakat melalui media relation dan media partner, pemasaran langsung melalui website dan pameran, penggunaan kacamata VR dalam pemasaran interaktif, pemasaran dari mulut ke mulut melalui content, context, dan carrier, serta melakukan interaksi langsung dalam penjualan personal. Namun, strategi yang telah dilakukan oleh Dinas Pariwisata perlu dioptimalkan melalui peningkatan efektivitas pemasaran, terutama berbasis teknologi digital dan penguatan kolaborasi dengan pentahelix.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Virtual Tour 360°, Dinas Pariwisata.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 70201-Communication Science (S1)
Depositing User: Audrey Syifa Putricia
Date Deposited: 21 Jan 2025 02:45
Last Modified: 21 Jan 2025 02:45
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/166046

Actions (login required)

View Item View Item