STEREOTIP PEREMPUAN MENARIK INDONESIA DALAM IKLAN PANTENE: INTERVIEW KERJA YANG TERBERAT (2020) (ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS)

RASYID, TIARA WITA PUSPITA and Lionardo, Andries and Rahmawati, Annisa (2024) STEREOTIP PEREMPUAN MENARIK INDONESIA DALAM IKLAN PANTENE: INTERVIEW KERJA YANG TERBERAT (2020) (ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_70201_07031282126171.pdf] Text
RAMA_70201_07031282126171.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031282126171_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_70201_07031282126171_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031282126171_0001057901_0029099204_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031282126171_0001057901_0029099204_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_70201_07031282126171_0001057901_0029099204_02.pdf] Text
RAMA_70201_07031282126171_0001057901_0029099204_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031282126171_0001057901_0029099204_03.pdf] Text
RAMA_70201_07031282126171_0001057901_0029099204_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031282126171_0001057901_0029099204_04.pdf] Text
RAMA_70201_07031282126171_0001057901_0029099204_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031282126171_0001057901_0029099204_05.pdf] Text
RAMA_70201_07031282126171_0001057901_0029099204_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (628kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031282126171_0001057901_0029099204_06.pdf] Text
RAMA_70201_07031282126171_0001057901_0029099204_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031282126171_0001057901_0029099204_07_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031282126171_0001057901_0029099204_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031282126171_0001057901_0029099204_08_lamp.pdf] Text
RAMA_70201_07031282126171_0001057901_0029099204_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (65kB) | Request a copy

Abstract

Pantene meluncurkan iklan yang mengedukasi masyarakat mengenai mindset tentang berpenampilan menarik. Iklan Pantene versi "Interview Kerja Yang Terberat" dibuat dengan penggunaan pendekatan daya tarik emosional dengan melakukan social experiment dalam iklannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan analisis wacana kritis Sara Mills terhadap stereotip perempuan dalam iklan Pantene "Interview Kerja Yang Terberat". Metode yang digunakan pada penelitian ini kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan studi pustaka. Fokus pada penelitian ini adalah melihan bagaimana iklan Pantene: interview kerja yang terberat menggambarkan wacana stereotip menarik pada perempuan Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukan Iklan "Interview Kerja Yang Terberat" berhasil menjadi medium edukatif yang mengajak penonton, khususnya perempuan, untuk mendekonstruksi standar kecantikan yang ada di masyarakat. Dengan menampilkan perempuan dari latar belakang dan penampilan yang berbeda, iklan ini memperlihatkan bahwa kecantikan bersifat subjektif dan tidak bisa diukur hanya melalui satu perspektif. Penelitian ini memperkuat gagasan bahwa setiap perempuan memiliki hak untuk merasa percaya diri dengan penampilannya, tanpa harus dibatasi oleh stereotip atau ekspektasi sosial yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, Iklan Pantene, Stereotip Perempuan
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 70201-Communication Science (S1)
Depositing User: Tiara Wita Puspita Rasyid
Date Deposited: 21 Jan 2025 02:50
Last Modified: 21 Jan 2025 02:50
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/166052

Actions (login required)

View Item View Item