DESAIN E-LKPD MATERI BARISAN DAN DERET KELAS X UNTUK MENDUKUNG COMPUTATIONAL THINKING SKILL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN KEARIFAN LOKAL PAGARALAM

MELINIA, ECHA ALDA and Mulyono, Budi and Desiani, Anita (2024) DESAIN E-LKPD MATERI BARISAN DAN DERET KELAS X UNTUK MENDUKUNG COMPUTATIONAL THINKING SKILL PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN KEARIFAN LOKAL PAGARALAM. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84102_06022682327029_cover.jpg] Text
RAMA_84102_06022682327029_cover.jpg - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327029.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327029_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327029_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327029_0025057802_0011127702_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327029_0025057802_0011127702_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (910kB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327029_0025057802_0011127702_02.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327029_0025057802_0011127702_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327029_0025057802_0011127702_03.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327029_0025057802_0011127702_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (384kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327029_0025057802_0011127702_04.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327029_0025057802_0011127702_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327029_0025057802_0011127702_05.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327029_0025057802_0011127702_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327029_0025057802_0011127702_06_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327029_0025057802_0011127702_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327029_0025057802_0011127702_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327029_0025057802_0011127702_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD materi barisan dan deret aritmatika melalui pembelajaran berdiferensiasi dengan konteks kearifan lokal Pagaralam untuk mendukung computational thinking skill yang valid dan praktis serta mengetahui dampak dari E-LKPD yang dikembangkan dalam mendukung computational thinking skill peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian design research tipe development studies dengan menggunakan model pengembangan ADDIE melalui lima tahap, yaitu: (1) Analyze; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Pagaralam Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Kevalidan LKPD dapat dilihat dari tiga aspek yaitu isi, konstruk, dan bahasa yang dilakukan pada tahap expert riview serta komentar dan saran dari hasil uji coba one to one. Kepraktisan E-LKPD dapat dilihat dari hasil perhitungan angket kepraktisan yang diberikan pada tahap small group. Berdasarkan hasil validasi expert riview diperoleh bahwa E-LKPD valid dengan persentase rata – rata kevalidan sebesar 84,28% dan berdasarkan angket kepraktisan diperoleh persentase kepraktisan sebesar 89,58% yang menunjukkan bahwa termasuk pada kriteria sangat praktis. Selain itu, E-LKPD yang dikembangkan juga memiliki efek potensial yang terlihat pada analisis hasil tes yang dilakukan dimana hasil perhitungan tes secara keseluruhan terdapat peningkatan nilai peserta didik dari pre-test sebesar 38 dan posttest 88 dengan nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 81 sehingga skor N-Gain antara hasil pre-test dan post-test terkategori tinggi. Pada kriteria keefektifan didapat bahwa penggunaan E-LKPD berbasis computational thinking skill termasuk interprestasi efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Computational Thinking Skill, E-LKPD, Pembelajaran berdiferensiasi, Kearifan Lokal Pagaralam
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: Echa Alda Melinia
Date Deposited: 22 Jan 2025 06:33
Last Modified: 22 Jan 2025 06:33
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/166260

Actions (login required)

View Item View Item