STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PLN (PERSERO) DALAM PROGRAM DESA BERDAYA DI WILAYAH PAGAR ALAM (Studi Kasus Desa Candi Jaya)

MAHARANI, VANIA DARA and Suleman, Zulfikri and Andarini, Rindang Senja (2024) STRATEGI KOMUNIKASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PLN (PERSERO) DALAM PROGRAM DESA BERDAYA DI WILAYAH PAGAR ALAM (Studi Kasus Desa Candi Jaya). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_70201_07031382025279.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025279.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025279_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025279_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025279_0001075908_0011028805_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025279_0001075908_0011028805_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025279_0001075908_0011028805_02.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025279_0001075908_0011028805_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025279_0001075908_0011028805_03.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025279_0001075908_0011028805_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (162kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025279_0001075908_0011028805_04.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025279_0001075908_0011028805_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (252kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025279_0001075908_0011028805_05.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025279_0001075908_0011028805_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (834kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025279_0001075908_0011028805_06.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025279_0001075908_0011028805_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (50kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025279_0001075908_0011028805_07_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025279_0001075908_0011028805_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025279_0001075908_0011028805_08_lamp.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025279_0001075908_0011028805_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (673kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Corporate Social Responsibility merupakan tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan terhadap masyarakat. Desa berdaya salah satu bagian dari kegiatan CSR yang dilakukan oleh PT. PLN UID S2JB yang dilakukan di Pagar Alam dengan fokus pemberdayaan masyarakat di desa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR) yang diterapkan oleh PT. PLN Persero dalam program Desa Berdaya sebagai upaya pemberdayaan masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Four Step Public Relations yang terdiri dari riset, perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT. PLN Persero dalam program CSR Desa Berdaya mencakup sosialisasi dan pelatihan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan masyarakat dalam mengelola sumber daya alam yang dimiliki. Program ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan masyarakat, terutama dalam mengolah sumber daya alam secara lebih produktif dan mandiri. Namun, terdapat kendala dalam pelaksanaannya, terutama terkait dengan lokasi desa yang jauh dari pusat kota, yang mempengaruhi efektivitas pelatihan dan akses informasi. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengantisipasi tantangan ini dengan merencanakan strategi komunikasi yang lebih efektif dan efisien, agar tujuan pemberdayaan masyarakat dapat tercapai secara maksimal di masa depan. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, CSR, Pemberdayaan Masyarakat, Desa Berdaya, Four Step Public Relations.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Komunikasi, CSR, Pemberdayaan Masyarakat, Desa Berdaya, Four Step Public Relations
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 70201-Communication Science (S1)
Depositing User: Vania Dara Maharani
Date Deposited: 22 Jan 2025 04:56
Last Modified: 22 Jan 2025 04:56
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/166314

Actions (login required)

View Item View Item