PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS VII

SEMBIRING, AGINA LAURENCIA and Hapizah, Hapizah (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING PADA MATERI BILANGAN PECAHAN KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of RAMA_84202_06081382126072.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382126072_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126072_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382126072_0030057902_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126072_0030057902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (671kB)
[thumbnail of RAMA_84202_06081382126072_0030057902_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126072_0030057902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382126072_0030057902_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126072_0030057902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382126072_0030057902_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126072_0030057902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382126072_0030057902_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126072_0030057902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (39kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382126072_0030057902_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126072_0030057902_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081382126072_0030057902_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081382126072_0030057902_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan implementasi pembelajaran matematika berbasis Computational Thinking pada materi bilangan pecahan kelas VII, serta melihat hasil yang telah diperoleh dari penerapan metode tersebut. Penelitian ini berfokus pada pemahaman cara menerapkan Computational Thinking ke dalam proses pembelajaran, sekaligus menilai sejauh mana peserta didik mampu menggunakan indikator-indikator utama computational thinkin Computational Thinking selama proses pembelajaran berlangsung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VII SMP Negeri 56 Palembang. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai instrumen, termasuk angket, lembar kerja peserta didik, tes tertulis, dan pedoman wawancara, yang kemudian dianalisis untuk mendapatkan gambaran mengenai efektivitas penerapan Computational Thinking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan indikator Computational Thinking yang meliputi dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma dapat diterapkan secara efektif dalam pembelajaran bilangan pecahan. Hasil tes terkategori sedang, dengan 6 siswa berkategori tinggi, 20 siswa sedang, dan 6 siswa rendah. Sebagian besar peserta didik menunjukkan kemampuan yang cukup baik, dengan 48,96% siswa menguasai keterampilan dekomposisi, 69,79% siswa menguasai indikator pengenalan pola, 38,54% siswa memahami abstraksi, dan 51,04% mampu menggunakan algoritma dalam penyelesaian masalah. Penerapan pembelajaran ini tidak hanya cukup berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bilangan pecahan, terbukti dari 62,50% siswa yang mencapai kategori sedang, tetapi juga menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan aktif, di mana siswa merespon dengan antusias terhadap pembelajaran berbasis Computational Thinking. Kata kunci : Matematika, Computational Thinking, Bilangan Pecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Matematika, Computational Thinking, Bilangan Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Agina Laurencia Sembiring
Date Deposited: 23 Jan 2025 03:23
Last Modified: 23 Jan 2025 03:23
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/166554

Actions (login required)

View Item View Item