SAFITRI, AZZAHRA INDAH and Mulyono, Budi (2024) KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI MATERI BILANGAN BULAT. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Image
RAMA_84202_06081182126011_cover.jpg - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (266kB) | Preview |
Text
RAMA_84202_06081182126011.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081182126011_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081182126011_0025057802_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (711kB) |
|
Text
RAMA_84202_06081182126011_0025057802_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (531kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081182126011_0025057802_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (580kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081182126011_0025057802_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081182126011_0025057802_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (300kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081182126011_0025057802_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (434kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081182126011_0025057802_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan computational thinking dianggap sebagai kemampuan dasar (membaca, menghitung, menulis) yang sangat diperlukan oleh setiap orang untuk menghadapi masalah yang ada pada abad ke-21 ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan computational thinking peserta didik kelas VII dalam menyelesaikan soal numerasi materi bilangan bulat. Penelitian ini adalah penelitian jenis deskriptif dengan pendekatan kuali-kuanti. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII.1 SMP Negeri 32 Palembang sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu tes dan wawancara yang memuat 4 indikator computational thinking, diantaranya (1) dekomposisi, (2) pengenalan pola, (3) abstraksi, dan (4) algoritma. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan computational thinking peserta didik berada pada kategori sedang dengan rata-rata sebesar 56.60. Hampir seluruh peserta didik dengan kategori tinggi, sedang dan rendah dapat memunculkan seluruh indikator, namun dengan nilai yang berbeda. Adapun indikator yang banyak muncul adalah dekomposisi dengan rata-rata 65.51 dan abstraksi dengan rata-rata 63.60. Sedangkan indikator yang sedikit muncul adalah pengenalan pola dengan rata-rata 52.87 dan algoritma dengan rata-rata 44.44. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini bahwa kemampuan computational thinking peserta didik berada pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Computational Thinking, Menyelesaikan Masalah, Bilangan Bulat. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) Q Science > QA Mathematics > QA1-43 General |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Azzahra Indah Safitri. D |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 06:47 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 06:47 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/166662 |
Actions (login required)
View Item |