PENGEMBANGAN SOAL TIPE PISA KONTEN QUANTITY MENGGUNAKAN KONTEKS DRIVE THRU UNTUK SISWA SMP

YULIANA, VERA and Zulkardi, Zulkardi and Putri, Ratu Ilma Indra (2024) PENGEMBANGAN SOAL TIPE PISA KONTEN QUANTITY MENGGUNAKAN KONTEKS DRIVE THRU UNTUK SISWA SMP. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84102_06022682327024_cover.jpg] Text
RAMA_84102_06022682327024_cover.jpg - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327024.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327024_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327024_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327024_0002046104_0011086901_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327024_0002046104_0011086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327024_0002046104_0011086901_02.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327024_0002046104_0011086901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (475kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327024_0002046104_0011086901_03.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327024_0002046104_0011086901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327024_0002046104_0011086901_04.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327024_0002046104_0011086901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327024_0002046104_0011086901_05.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327024_0002046104_0011086901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327024_0002046104_0011086901_06_ref.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327024_0002046104_0011086901_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84102_06022682327024_0002046104_0011086901_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84102_06022682327024_0002046104_0011086901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal tipe PISA dan aktivitas menggunakan konteks drive thru yang valid dan praktis yang terdiri dari tahap desain, tahap self evaluation, tahap expert review, tahap one-to-one, dan tahap small group. Jenis penelitian ini design research tipe development studies yang terdiri dari tahap tahap preliminary dan tahap formative evaluation. Penelitian ini menggunakan kisi-kisi soal, kartu soal, rubrik penilaian, RPP, soalsoal tipe PISA, dan lembar kegiatan siswa sebagai alatnya. Penelitian ini dimulai karena rendahnya kemampuan literasi matematis siswa Indonesia. Penelitian ini berfokus pada siswa SMP kelas tujuh di Palembang, Indonesia. Temuan kualitatif penelitian ini didasarkan pada data lapangan yang dikumpulkan dalam bentuk wawancara, foto, dan video kegiatan dan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menghasilkan soal tipe PISA dan aktivitas yaitu tiga soal aktivitas dan tiga soal evaluasi dengan konteks drive thru yang valid dan praktis yang dapat dimanfaatkan oleh siswa kelas VII untuk mengembangkan kemampuan literasi matematisnya. Kemampuan literasi matematis yang paling dominan berdasarkan hasil analisis siswa yakni kemampuan komunikasi dengan persentase sebesar 38,33%. Kesimpulannya, soal tipe PISA dan aktivitas dalam konteks drive thru dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas untuk mengembangkan kemampuan literasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi, Soal tipe PISA, Drive Thru, Design Research
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84102-Mathematics Education (S2)
Depositing User: Vera Yuliana
Date Deposited: 24 Jan 2025 02:37
Last Modified: 24 Jan 2025 02:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/166732

Actions (login required)

View Item View Item