PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS AUGMENTED REALITY DAN BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA

AJI, DWI PURNOMO and Akhsan, Hamdi and Marlina, Leni (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS AUGMENTED REALITY DAN BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA. Masters thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84103_06052682327019.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327019_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327019_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327019_0010026901_0005087701_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327019_0010026901_0005087701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (999kB)
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327019_0010026901_0005087701_02.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327019_0010026901_0005087701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327019_0010026901_0005087701_03.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327019_0010026901_0005087701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327019_0010026901_0005087701_04.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327019_0010026901_0005087701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327019_0010026901_0005087701_05.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327019_0010026901_0005087701_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327019_0010026901_0005087701_06_ref.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327019_0010026901_0005087701_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84103_06052682327019_0010026901_0005087701_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84103_06052682327019_0010026901_0005087701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir kritis pada siswa dan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran melatar belakangi penelitian ini. Untuk menghadapi rendahnya keterampilan berpikir kritis bagi siswa dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dalam kemasan bahan ajar berupa e-modul berbasis Augmented Reality dan Berbantuan Artificial Intelligence Pada Materi Pemanasan Global. Prosedur pengembangan ini menggunakan model 4D dengan 4 tahapan yaitu: tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Development) dan tahap penyebaran (Disseminate), dengan melibatkan 179 siswa kelas X di SMA Negeri 3 Sekayu. Temuan penelitian ini menunjukan produk yang dibuat sudah mencapai kategori valid dengan nilai rata-rata validitas elektronik modul berbasis AR dan AI pada materi pemanasan global dari kelima aspek sebesar 94,3%. Kemudian untuk rata-rata akhir hasil tanggapan siswa terhadap penggunaan e-modul berbasis AR dan AI pada materi pemanasan global sebesar 3,45 dengan kategori produk sangat praktis. Dan dari hasil uji N-Gain menggunakan SPSS versi 22.0 didapatkan hasil yaitu untuk nilai N gain 0,71 ≥ 0,70. Maka dapat dikatakan bahwa penggunaan elektronik modul berbasis AR dan AI pada materi pemanasan global di SMA Negeri 3 Sekayu berada pada tingkat efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis bagi siswa. Ini merupakan terobosan dan inovasi baru yang diharapkan mampu terus dipertahankan dan diimplikasikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dalam mengurangi rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pemanasan global. Kemudian peneliti mengharapkan adanya pengembangan yang serupa dengan materi yang berbeda agar elektronik modul berbasis AR dan AI tidak hanya pada materi pemanasan global saja.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Artificial Intelligence, Elektronik modul. Keterampilan berpikir kritis, Pemanasan global.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022-1022.25 Computer-assisted education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84103-Physics Education (S2)
Depositing User: Dwi Purnomo Aji
Date Deposited: 24 Jan 2025 03:00
Last Modified: 24 Jan 2025 03:00
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/166772

Actions (login required)

View Item View Item