KEMAMPUAN GURU IPA SMP DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Marlina, Leni and Sriyanti, Ida and Yusup, Muhamad (2019) KEMAMPUAN GURU IPA SMP DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 6 (2). pp. 130-135. ISSN 2355-7109 (p-ISSN) 2657-0971 (e-ISSN)

[thumbnail of 9913-24750-1-PB.pdf] Text
9913-24750-1-PB.pdf - Published Version

Download (778kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan guru IPA SMP di Kota Palembang dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis keterampilan berpikir kritis. Subjek penelitian adalah 26 orang guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil angket menunjukkan bahwa sebanyak 96% guru IPA SMP telah menerapkan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran. Sebanyak 62% guru IPA menyatakan tidak pernah mengikuti pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran (RPP, LKPD, dan bahan ajar) berbasis keterampilan berpikir kritis. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest 53.33 dan nilai rata-rata posttest 79.17. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil pelatihan yang diberikan kepada peserta pelatihan.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Muhamad Yusup
Date Deposited: 01 Feb 2025 01:35
Last Modified: 01 Feb 2025 02:27
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/167190

Actions (login required)

View Item View Item