PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUE SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP IPA KABUPATEN MUSI (Similarity)

Yusup, Muhamad and Kistiono, Kistiono and Sudirman, Sudirman and PUTRI, NANDA HARDIANI and AMELIA, ISMI (2024) PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUE SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP IPA KABUPATEN MUSI (Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUE SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP IPA KABUPATEN MUSI RAWAS.pdf] Text
PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUE SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI MGMP IPA KABUPATEN MUSI RAWAS.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan socioscientific issues (SSI) sebagai pendekatan dapat membuat pembelajaran IPA lebih relevan dengan kehidupan siswa. permasalahan yang diidentifikasi adalah masih kurangnya kemampuan guru-guru IPA di Kabupaten Musi Rawas dalam mengembangkan perangkat pembelajaaran Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah agar peserta mampu mengembangkan perangkat pembelarajaran IPA berbasis SSI di SMP sesuai Kurikulum Merdeka. Kegiatan pengabdian ini menggunakan pola in-on-in job training. Pada Kegiatan in-service training 1 peserta mempelajari dan mendiskusikan materi yang disajikan narasumber. Pada saat on the job training peserta melakukan aktivitas pembelajaran secara mandiri untuk mengembangkan modul ajar IPA berbasis SSI sesuai tugas yang diberikan pada kegiatan in-service training 1. Pada Kegiatan in-service training 2, peserta melaporkan dan mendiskusikan hasil kegiatan yang dilakukan selama on the job training yang difasilitasi oleh narasumber. Hasil kegiatan menunjukkan adanya penongkatan pada pengetahuan peserta tentang SSI dan diiringi dengan peningkatan pemahaman tentang bagaimana mengaitkan SSI dengan pembelajaran IPA. Peningkatan pemahaman peserta juga meningkat pada bagaimana mengidentifikasi dan memilih topik socioscientific issue yang relevan untuk diajarkan di kelas, bagaimana memfasilitasi diskusi socioscientific issue yang mendorong pemikiran kritis dan refleksi moral. Selain itu, peningkatan juga terjadi pada keyakinan untuk dapat membimbing siswa dalam menganalisis informasi dan berbagai perspektif serta untuk mengambil keputusan terkait SSI.

Item Type: Other
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Muhamad Yusup
Date Deposited: 21 Feb 2025 04:41
Last Modified: 21 Feb 2025 04:41
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/167402

Actions (login required)

View Item View Item