Murniati, Murniati and Yusup, Muhamad (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH LABORATORIUM FISIKA SEKOLAH BERDASARKAN ANALISIS KOMPETENSI. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2 (2). pp. 155-162. ISSN 2355-7109
![]() |
Text
7.+Murniati_FKIP+Unsri.pdf - Published Version Download (121kB) |
Abstract
Penelitian ini telah menghasilkan paroduk bahan ajar mata kuliah laboratorium fisika sekolah berdasarkan analisis kompetensi dan Menguji efektifitas produk bahan ajar yang dikembangkan. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat menjadi rujukan bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah laboratorium fisika sekolah dan bagi dosen pengampu mata kuliah, menjadi tambahan rujukan serta bagi prodi pendidikan fisika menjadi koleksi bahan ajar. Metode penelitiannya adalah penelitian pengembangan yang menggunakan 10 langkah yaitu sebagai berikut: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba produk, (7) Revisi produk, (8) Ujicoba pemakaian, (9) Revisi produk, dan (10) Produksi massal. Hasil pengembangannya terdiri dari 6 pokok bahasan yaitu desain laboratorium, fasilitas laboratorium, alat dan bahan laboratorium, perencanaan kegiatan laboratorium, administrasi laboratorium dan keselamatan kerja di laboratorium. Produk akhir yang sudah direvisi diujicoba pemakaian pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah laboratorium fisika sekolah semester genap tahun akademik 2014/2015.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Muhamad Yusup |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 04:45 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 04:45 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/167461 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |