SUGIARTO, GERRY and Andriani, Nely and Yusup, Muhamad (2020) STUDI KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP). Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 7 (1). pp. 48-54. ISSN 2355-7109
![]() |
Text
11161-28457-1-PB.pdf - Published Version Download (576kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNSRI dalam membuat RPP mata pelajaran fisika kelas X pada pokok bahasan gerak lurus. Penelitian dilakukan terhadap 16 orang mahasiswa pendidikan fisika semester VII tahun akademik 2010/2011 yang mengikuti kegiatan PPL II.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif non-eksperimen. Instrumen penelitian berupa checklist kemampuan RPP yang berdasarkan pada permendiknas no 41 tahun 2007 dengan merujuk pada APKG 1 dan penilaian perencanaan pembelajaran dari UPPL berupa 10 indikator dengan masing – masing 3 deskriptor. Dalam pengumpulan data digunakan dokumentasi RPP dengan data pendukung wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mampu membuat RPP. Dari 10 indikator yang ada mahasiswa mampu membuat 6 indikator yang ada yaitu standar kompetensi, kompetensi dasar, rumusan pengalaman belajar, penentuan metode pembelajaran, alokasi waktu, dan penentuan sumber belajar. Namun, 4 indikator mengalamai kesulitan yaitu menentukan rumusan indikator pencapaian hasil, penyusunan materi pelajara, penentuan, media/alat pembelajaran, dan penetapan alat penilaian.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Muhamad Yusup |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 04:45 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 04:45 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/167463 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |