STUDI KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SUGIARTO, GERRY and Andriani, Nely and Yusup, Muhamad (2020) STUDI KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP). Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 7 (1). pp. 48-54. ISSN 2355-7109

[thumbnail of 11161-28457-1-PB.pdf] Text
11161-28457-1-PB.pdf - Published Version

Download (576kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNSRI dalam membuat RPP mata pelajaran fisika kelas X pada pokok bahasan gerak lurus. Penelitian dilakukan terhadap 16 orang mahasiswa pendidikan fisika semester VII tahun akademik 2010/2011 yang mengikuti kegiatan PPL II.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif non-eksperimen. Instrumen penelitian berupa checklist kemampuan RPP yang berdasarkan pada permendiknas no 41 tahun 2007 dengan merujuk pada APKG 1 dan penilaian perencanaan pembelajaran dari UPPL berupa 10 indikator dengan masing – masing 3 deskriptor. Dalam pengumpulan data digunakan dokumentasi RPP dengan data pendukung wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mampu membuat RPP. Dari 10 indikator yang ada mahasiswa mampu membuat 6 indikator yang ada yaitu standar kompetensi, kompetensi dasar, rumusan pengalaman belajar, penentuan metode pembelajaran, alokasi waktu, dan penentuan sumber belajar. Namun, 4 indikator mengalamai kesulitan yaitu menentukan rumusan indikator pencapaian hasil, penyusunan materi pelajara, penentuan, media/alat pembelajaran, dan penetapan alat penilaian.

Item Type: Article
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Muhamad Yusup
Date Deposited: 21 Feb 2025 04:45
Last Modified: 21 Feb 2025 04:45
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/167463

Actions (login required)

View Item View Item