Fadlianto, Muhammad and Fathurohman, Apit and Yusup, Muhamad (2022) ARTICULATE STORYLINE: MEDIA PEMBELAJARAN FLUIDA STATIS BERBASIS ANDROID. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 8 (2). pp. 120-132. ISSN 2252-8822
![]() |
Text
ARTICULATESTORYLINEMEDIAPEMBELAJARANFLUIDASTATISBERBASISANDROID (1).pdf - Published Version Download (736kB) |
Abstract
Smartphone android belum dimanfaatkan secara optimal sebagai media belajar. Pemanfaatan smartphone memungkinkan peserta didik untuk belajar mandiri. Smartphone juga memungkinkan siswa untuk membuka konten dan mengaksesnya dari mana saja, sehingga mereka dapat belajar kapan dan dimana saja. Pemanfaatan smartphone dalam pembelajaran termasuk mobile learning. Penelitian ini ingin menghasilkan media pembelajaran mobile learning berbasis android yang layak pada materi fluida statis untuk SMA Kelas XI. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Alessi dan Trollip. Tahap pengembangan yang dilakukan adalah: 1) perencanaan, 2) desain, dan 3) pengembangan. Pada tahap pengembangan dilaksanakan tes alfa dan tes beta. Tes alfa melibatkan 3 orang validator, terdiri dari validator media, validator materi, dan teman sejawat (guru fisika). Tes beta dilakukan terhadap 6 siswa SMA Negeri 1 Air Sugihan yang memiliki tingkat kemampuan kognitif yang berbeda. Tes alfa yang dilakukan menghasilkan penilaian rata-rata 91% dengan ketegori sangat layak. Kemudian tes beta menghasilkan penilaian rata-rata 88% dengan ketegori sangat layak. Jadi produk media mobile learning berbasis android yang dihasilkan sangat layak dan dapat dipakai dalam pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Muhamad Yusup |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 04:47 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 04:47 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/167466 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |