Oktarina, Santi (2024) LAPORAN PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERPADUKAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRODUKTIVITAS MAHASISWA DALAM MENULIS KARYA ILMIAH DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FKIP UNSRI. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sriwijaya. (Unpublished)
![]() |
Text
25. 2022 (ketua) FINAL LAP KOMPETITIF SANTI OKTARINA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Era pandemic covid 19 adalah pintu gerbang terkenalnya sistem pembelajaran daring. Mendatang sistem ini akan menjadi permanen seiring pesatanya perkembangan teknologi pendidikan dan kearkraban para dosen dan mahasiswa dengan sistem ini. Pembelajaaran Blended Learning akan menjadi pilihan dengan memanfaatkan beragai media pembelajaran. Namun, tidak semua dosen mampu merancang perkuliahan denga menggunakan metode ini. Salah satunya pada pembelajaran menulis karya ilmiah. Model pembelajaran project based learning dipilih untuk dipadukan dengan blended learning karena mampu memaksimalkan pembelajaran ini yang berbasis luaran yaitu karya ilmiah. Kebaruan dari penelitian ini adalah penggabungan pembelajaran blended learning dengan project based learning, penggunaan e�learning MODDLE dengan mengaplikasikan fitur workshop yang cocok untuk pembelajaran menulis, menggunakan berbagai media pembelajaran berbasis ICT dan penilaian berbasis teknologi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran blended learning berpadukan project based learning untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas mahasiswa dalam menulis karya ilmiah di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Unsri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan sesuai teori Borg dan Gall meliputi penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji lapangan dan revisi produk, dan revisi produk akhir. Tahun pertama, tahap penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan (desain model pembelajaran), pengembangan bentuk awal, serta uji ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, baik dosen dan mahasiswa membutuhkan model pembelajaran blended learning berpadukan project based learning untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas mahasiswa dalam menulis karya ilmiah di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Unsri. Setelah dirancang produk berdasarkan hasil analisi kebutuhan, ahli materi, bahasa, dan media menilai modul ini layak digunakan
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Report (Laporan Penelitian) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Dr. Santi Oktarina |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 04:22 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 04:22 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/167601 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |