LAPORAN AKHIR PENELITIAN UNGGULAN KOMPETITIF UNIVERSITAS SRIWIJAYA BERJUDUL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA PALEMBANG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SISWA DAN GURU

Oktarina, Santi (2024) LAPORAN AKHIR PENELITIAN UNGGULAN KOMPETITIF UNIVERSITAS SRIWIJAYA BERJUDUL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA PALEMBANG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SISWA DAN GURU. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of 26. 2022 (anggota) Final laporan penelitian HK santi O.pdf] Text
26. 2022 (anggota) Final laporan penelitian HK santi O.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, kemampuan menulis di sekolah menengah sangat dibutuhkan. Salah satunya adalah kemampuan menulis kreatif. Banyak jenis tulisan kreatif yang harus dikuasi oleh peserta didik, seperti menulis biografi, menulis cerpen, menulis puisi, dan sebagainya. Terlebih lagi dalam kurikulum 2013, pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks yang mengarahkan peserta didik mampu memproduksi tulisan-tulisan berbasis teks. Namun pada kenyataannya, kemampuan siswa menulis kreatif di sekolah menengah masih lemah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa peserta didik sekolah menengah belum mampu menulis kreatif dengan maksimal dan mereka kurang termotivasi dalam proses pembelajarannya. Berdasarkan hal di atas, perlunya solusi untuk mengatasi hal ini. Salah satunya adalah penggunaan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristi siswa di zaman ini yang merupakan pembelajaran yang sesuai dengan karakter generasi Z. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile learning pada pembelajaran menulis kreatif di sekolah menengah kota Palembang sebagai upaya meningkatkan literasi guru dan siswa. Kebaruan dari penelitian ini adalah media ini akan menyajikan multimedia pembelajaran dalam satu produk. Media ini akan dikembangkan dengan menyediakan fitur-fitur yang interaktif bagi guru dan siswa. Selain itu, akan disajikan juga tutorial langsung dari penulis kreatif. Metode penelitian dan pengembangan sesuai teori Borg dan Gall serta teori Lee and Owens meliputi penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji lapangan dan revisi produk, dan revisi produk akhir. Tahun pertama, tahap penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan (desain media pembelajaran berbasis mobile learning), pengembangan bentuk awal, serta uji ahli. Dari hasil penelitian diketahui sebagai beriku. Pertama, guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran berbasis mobile learning untuk pembelajaran menulis kreatif. Kedua, kondisi obektif penggunaan media pembelajaran adalah pembelajaran menulis kreatif di SMA Palembang sudah menggunakan berbagai media pembelajaran. Namun, mereka belum pernah menggunakan media berbasis mobile learning yang didalamnya terdapat berbagai aplikasi yang inovatif. Ketiga, media pembelajaran menulis kreatif berbasis mobile learning layak digunakan

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Report (Laporan Penelitian)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Dr. Santi Oktarina
Date Deposited: 26 Feb 2025 04:22
Last Modified: 26 Feb 2025 04:22
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/167602

Actions (login required)

View Item View Item