Oktarina, Santi (2024) LAPORAN AKHIR PENELITIAN UNGGULAN KOMPETITIF UNIVERSITAS SRIWIJAYA PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERPADUKAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRODUKTIVITAS MAHASISWA DALAM MENULIS KARYA ILMIAH DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FKIP UNSRI. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sriwijaya, Inderalaya. (Unpublished)
![]() |
Text
27. 2023 (ketua) laporan HIKOM_SANTI O 2023.pdf Download (1MB) |
Abstract
Era pandemic covid 19 adalah pintu gerbang terkenalnya sistem pembelajaran daring. Mendatang sistem ini akan menjadi permanen seiring pesatanya perkembangan teknologi pendidikan dan kearkraban para dosen dan mahasiswa dengan sistem ini. Pembelajaaran Blended Learning akan menjadi pilihan dengan memanfaatkan beragai media pembelajaran. Namun, tidak semua dosen mampu merancang perkuliahan denga menggunakan metode ini. Salah satunya pada pembelajaran menulis karya ilmiah. Model pembelajaran project based learning dipilih untuk dipadukan dengan blended learning karena mampu memaksimalkan pembelajaran ini yang berbasis luaran yaitu karya ilmiah. Kebaruan dari penelitian ini adalah penggabungan pembelajaran blended learning dengan project based learning, penggunaan e�learning MODDLE dengan mengaplikasikan fitur workshop yang cocok untuk pembelajaran menulis, menggunakan berbagai media pembelajaran berbasis ICT dan penilaian berbasis teknologi. Pada tahun pertama sudah dihasilkan prototype modelpembelajaran blended learning berpadukan project based learning pada pembelajaran menulis ilmiah, satu artikel jurnal yang telah di terima pada jurnal Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan (Sinta 2), buku model pembelajaran menulis akademik yang telah ber-ISBN, dua skripsi mahasiswa yang sudah lulus, dan draf artikel jurnal internasional. Untuk mendapatkan model pembelajaran yang teruji kepraktisan dan efektifitas, perlu dilakukan penelitian tahun kedua. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivitasan model pembelajaran blended learning berpadukan project based learning untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas mahasiswa dalam menulis karya ilmiah di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Unsri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan sesuai teori Borg dan Gall meliputi penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji lapangan dan revisi produk, dan revisi produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulakan sebagai berikut. Pertama, model pembelajaran blenden learning berpadukan project based learning dipersepsikan sudah praktis digunakan berdasarkan uji kelompok kecil, baik ditinjau dari persepsi dosen dan mahasiswa. Kepraktisan ini terlihat dari penilaian yang diberikan oleh mahasiswa dan dosen. Kedua, terdapat perbedaan efektivitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Efektivitas kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran blenden learning berpadukan project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Report (Laporan Penelitian) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Dr. Santi Oktarina |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 04:14 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 04:14 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/167603 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |