Oktarina, Santi (2024) LAPORAM AKHIR PENELITIAN UNGGULAN KOMPETITIF UNIVERSITAS SRIWIJAYA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA PALEMBANG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SISWA DAN GURU. Project Report. Universitas Sriwijaya. (Unpublished)
![]() |
Text
28. 2023 (anggota) Laporan HIKOM_ERNALIDA 2023.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, kemampuan menulis di sekolah menengah sangat dibutuhkan. Salah satunya adalah kemampuan menulis kreatif. Banyak jenis tulisan kreatif yang harus dikuasi oleh peserta didik, seperti menulis biografi, menulis cerpen, menulis puisi, dan sebagainya. Terlebih lagi dalam kurikulum 2013, pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks yang mengarahkan peserta didik mampu memproduksi tulisan-tulisan berbasis teks. Namun pada kenyataannya, kemampuan siswa menulis kreatif di sekolah menengah masih lemah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa peserta didik sekolah menengah belum mampu menulis kreatif dengan maksimal dan mereka kurang termotivasi dalam proses pembelajarannya. Berdasarkan hal di atas, perlunya solusi untuk mengatasi hal ini. Salah satunya adalah penggunaan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristi siswa di zaman ini yang merupakan pembelajaran yang sesuai dengan karakter generasi Z. Pada tahun pertama sudah dihasilkan prototype media pembelajaran menulis kreatif berbasis mobile learning, satu artikel jurnal yang masih proses in review pada jurnal Pedagogi dan Pembelajaran (Sinta 2), dua skripsi mahasiswa yang sudah lulus, dan draf artikel jurnal internasional. Untuk mendapatkan model pembelajaran yang teruji kepraktisan dan efektifitas, perlu dilakukan penelitian tahun kedua. Adapun tujuan penelitian tahun kedua ini adalah untuk mendeskripsikan kepraktisan dan efektivitas media pembelajaran berbasis mobile learning pada pembelajaran menulis kreatif di sekolah menengah kota Palembang sebagai upaya meningkatkan literasi guru dan siswa. Kebaruan dari penelitian ini adalah media ini akan menyajikan multimedia pembelajaran dalam satu produk. Media ini akan dikembangkan dengan menyediakan fitur-fitur yang interaktif bagi guru dan siswa. Selain itu, akan disajikan juga tutorial langsung dari penulis kreatif. Metode penelitian dan pengembangan sesuai teori Borg dan Gall serta teori Lee and Owens meliputi penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji lapangan dan revisi produk, dan revisi produk akhir. Tahun kedua, tahap penelitian yang dilakukan adalah uji pengguna (uji small group) dan uji keefektivitas (field test). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulakan sebagai berikut. Pertama, media pembelajaran berbasis mobile learning pada pembelajaran menulis kreatif dipersepsikan sudah praktis digunakan berdasarkan uji kelompok kecil, baik ditinjau dari persepsi guru maupun siswa. Kepraktisan ini terlihat dari penilaian yang diberikan oleh siswa pada aspek materi, bahasa, dan penyajian media, yang menunjukkan nilai sangat layak. Kedua, terdapat perbedaan efektivitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Efektivitas kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis mobile learning pada pembelajaran menulis kreatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Report (Laporan Penelitian) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Dr. Santi Oktarina |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 04:14 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 04:14 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/167604 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |