Oktarina, Santi (2024) LAPORAN AKHIR PENELITIAN UNGGULAN KOMPETITIF UNIVERSITAS SRIWIJAYA PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN LOCAL WISDOM DAN ECOLITERACY PADA PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF DI SMA KOTA PALEMBANG:UPAYA MEMPERKUAT PROFIL PELAJAR PANCASILA. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sriwijaya. (Unpublished)
![]() |
Text
32LAPORAN HIBAH ERNALIDA DKK.pdf Download (1MB) |
Abstract
1. Lunturnya kepribadian nasional, degradasi moral, serta hilangnya nilai-nilai moralitas luhur di kalangan generasi muda, menjadi permasalahan yang urgen. Karakter dan moral siswa perlu ditumbuhkan dengan maksimal, sehingga siswa tidak hanya unggul di bidang akademik, tapi juga unggul di bidang nonakademik untuk menunjang identitas diri di tengah globalisasi. Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran di SMA sebenarnya bisa mewadahi hal ini dengan cara mengintegrasikan local wisdom dan ecoliteracy dalam model pembelajaran. Potensi local wisdom sangat baik untuk menguatkan karakter mahasiswa karena didalamnya banyak nilai-nilai baik. Kearifan lokal mampu membuat perilaku positif manusia dalam berhubungan dengan alam dan lingkungan sekitarnya (ecoliteracy) yang bersumber dari nilai-nilai agama, adat istiadat, atau budaya setempat. Namun demikiatn, tidak semua guru mampu mengajarnya hal ini. Oleh sebab itu dibutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran menulis dan mampu memperkuat profil pelajar pancasila. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran project based learning bermuatan local wisdom dan ecoliteracy pada pembelajaran menulis kreatif di sma kota Palembang:upaya memperkuat profil pelajar pancasila Kebaruan dari penelitian ini adalah model pembelajaran ini memadukan project based learning dengan local wisdom, dan ecoliteracy; sistem pendukung dalam model ini dikembangkan dengan menggunakan local wisdom kota Palembang dan ecoliteracy; setiap komponen dalam model pembelajaran ini bermuatan lokal kota Palembang; materi yang dikemas dalam pembelajaran ini dikemas secara digital; dan penggunaan website sebagai pendukung terlaksananya model. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan sesuai teori Borg dan Gall meliputi penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji lapangan dan revisi produk, dan revisi produk akhir. Tahun pertama, tahap penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan (desain model pembelajaran), pengembangan bentuk awal, serta uji ahli. Data yang akan dianalisis dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data dari kuesioner dan tes, sedangkan data kualitatif berasal dari wawancara, observasi, diskusi kelompok terpupun, dan dokumen. Sumber data pada penelitian Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan instrument tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes kemampuan bahasa Indonesia sedangkan instrumen nontes yaitu wawancara, kelompok diskusi terpupun, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Sementara itu,analisis data dalam penelitian dan pengembangan ini digunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. ini adalah siswa, guru, dan dokumen. Objek penelitian ini adalah siswa dan guru di SMA kota Palembang. Adapuh hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, guru dan siswa membutuhkan model pembelajaran project based learning bermuatan local wisdom dan ecoliteracy pada pembelajaran menulis kreatif di sma kota Palembang senbagai upaya memperkuat profil pelajar pancasila. Kedua, rancangan pengembangan model pembelajaran project based learning bermuatan local wisdom dan ecoliteracy pada pembelajaran menulis kreatif di sma kota Palembang dilakukan berdasarkan kebutuhan guru dan siswa. Ketiga, model pembelajaran project based learning bermuatan local wisdom dan ecoliteracy pada pembelajaran menulis kreatif di sma kota Palembang sebagai upaya memperkuat profil pelajar pancasila dinyatakan valid oleh ahli materi, media, dan bahasa
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Report (Laporan Penelitian) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Dr. Santi Oktarina |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:18 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 04:14 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/167605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |