LAPORAN PENELITIAN UNGGULAN KOMPETITIF UNIVERSITAS SRIWIJAYA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL YANG BERDIFERENSIASI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL KOTA PALEMBANG PADA PEMBELAJARAN MENULIS ILMIAH UNTUK MAHASISWA INTERNASIONAL (DARMASISWA) FKIP UNSRI : UPAYA INTERNASIONALISASI PROGRAM STUDI

Oktarina, Santi (2024) LAPORAN PENELITIAN UNGGULAN KOMPETITIF UNIVERSITAS SRIWIJAYA PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL YANG BERDIFERENSIASI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL KOTA PALEMBANG PADA PEMBELAJARAN MENULIS ILMIAH UNTUK MAHASISWA INTERNASIONAL (DARMASISWA) FKIP UNSRI : UPAYA INTERNASIONALISASI PROGRAM STUDI. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of 33 LAPORAN FINAL SANTI DKK 2024.pdf] Text
33 LAPORAN FINAL SANTI DKK 2024.pdf

Download (990kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia tidak hanya diminati oleh penutur asli bahasa Indonesia tetapi juga mahasiswa internasional di dunia melalui Program Darmasiswa. Oleh sebab itu dibutuhkan bahan ajar yang berkualitas. Namun, tidak semua dosen mampu membuat bahan ajar yang berkualitas sesuai kebutuhan mahasiswa program darmasiswa. Selain itu, diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan para dosen hanya seadanya saja khusunya pembelajaran menulis. Ini yang membuat para mahasiswa memprotes. Bahan ajar digital yang berdiferensiasi bermuatan kearifan lokal kota Palembang bisa menjadi solusi permasalahan di atas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar digital yang berdiferensiasi bermuatan kearifan lokal kota Palembang unttuk pembelajaran menulis ilmiah pada mahasiswa internasional(darmasiswa) FKIP Unsri. Kebaruan dari penelitian ini adalah pengabungan berbagai media dalam satu media dan padukan dengan pembelajaran diferensiasi dan memuat kearifan lokal kota Palembang dan menggunakan berbagai media pembelajaran berbasis ICT dan penilaian berbasis teknologi. Metode penelitian dan pengembangan sesuai teori Borg dan Gall serta teori Lee and Owens meliputi penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji lapangan dan revisi produk, dan revisi produk akhir. Tahun pertama, tahap penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan (desain media pembelajaran berbasis mobile learning), pengembangan bentuk awal, serta uji ahli. Data yang akan dianalisis dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data dari kuesioner dan tes, sedangkan data kualitatif berasal dari wawancara, observasi, diskusi kelompok terpumpun, dan dokumen. Sumber data pada penelitian ini adalah mahasiswa, dosen, dan dokumen. Analisis data dalam penelitian dan pengembangan ini digunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat simpulkan sebagai berikut. Pertama, bahan ajar digital yang berdiferensiasi bermuatan kearifan lokal kota Palembang pada pembelajaran menulis ilmiah dibutuhkan oleh mahasiswa internasional (darmasiswa) FKIP Unsri dan dosen. Keduo, rancangan bahan ajar digital yang berdiferensiasi bermuatan bermuatan lokal kota Palembang pada pembelajaran menulis ilmiah dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan dosen dan mahasiswa. Bahan ajar ini memiliki ciri-ciri khusus yang menandainya. Ketiga, bahan ajar digital yang berdiferensiasi bermuatan kearifan lokal kota Palembang pada pembelajaran menulis ilmiah untuk mahasiswa internasional (darmasiswa) FKIP Unsri dinyatakan valid oleh ahli media, materi dan bahasa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Research Report (Laporan Penelitian)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Dr. Santi Oktarina
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:17
Last Modified: 26 Feb 2025 03:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/167606

Actions (login required)

View Item View Item