PENGARUH TERPAAN IKLAN YOUTUBE AQUA X FAJAR SADBOY DAN HUMOR TERHADAP MINAT BELI AQUA PADA MAHASISWA KOTA PALEMBANG

SORAYA, ANGELICA and Andarini, Rindang Senja and Pratiwi, Feny Selly (2025) PENGARUH TERPAAN IKLAN YOUTUBE AQUA X FAJAR SADBOY DAN HUMOR TERHADAP MINAT BELI AQUA PADA MAHASISWA KOTA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_70201_07031182126027_COVER.jpeg]
Preview
Image
RAMA_70201_07031182126027_COVER.jpeg - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_70201_07031182126027.pdf] Text
RAMA_70201_07031182126027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031182126027_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_70201_07031182126027_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031182126027_0011028805_0207078602_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031182126027_0011028805_0207078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_70201_07031182126027_0011028805_0207078602_02.pdf] Text
RAMA_70201_07031182126027_0011028805_0207078602_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031182126027_0011028805_0207078602_03.pdf] Text
RAMA_70201_07031182126027_0011028805_0207078602_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031182126027_0011028805_0207078602_04.pdf] Text
RAMA_70201_07031182126027_0011028805_0207078602_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031182126027_0011028805_0207078602_05.pdf] Text
RAMA_70201_07031182126027_0011028805_0207078602_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (528kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031182126027_0011028805_0207078602_06.pdf] Text
RAMA_70201_07031182126027_0011028805_0207078602_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031182126027_0011028805_0207078602_07_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031182126027_0011028805_0207078602_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031182126027_0011028805_0207078602_08_lamp.pdf] Text
RAMA_70201_07031182126027_0011028805_0207078602_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (830kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan dunia periklanan dari iklan televisi ke platform digital terjadi seiring dengan meningkatnya akses internet dan perubahan perilaku konsumen, terutama generasi muda. Salah satu contohnya adalah AQUA yang menggunakan Fajar Sadboy dalam iklan untuk menarik perhatian audiens. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara terpaan iklan YouTube AQUA x Fajar Sadboy dan humor terhadap minat beli AQUA pada mahasiswa Kota Palembang. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode non- probability sampling dengan teknik convenience sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Kota Palembang, dengan sampel yang diperoleh sebanyak 96 responden. Data yang diperolch kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel yang diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial terpaan iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai thitung sebesar 2,066 dan nilai sig (p-value) sebesar 0,042. Selain itu, variabel humor secara parsial juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai thitung sebesar 8,352 dan nilai sig (p-value) sebesar 0,000. Secara simultan, terpaan iklan YouTube AQUA x Fajar Sadboy dan humor berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli AQUA pada mahasiswa Kota Palembang dengan nilai koefisien determinan (adjusted R3) sebesar 56,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Humor, Iklan YouTube AQUA x Fajar Sadboy, Minat Beli, Terpaan Iklan
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 70201-Communication Science (S1)
Depositing User: Angelica Soraya
Date Deposited: 14 Mar 2025 22:58
Last Modified: 14 Mar 2025 22:58
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/168901

Actions (login required)

View Item View Item