KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PBL – STEM MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PALEMBANG

HARIANI, WINDY RISKA and Simarmata, Ruth Helen and Kurniadi, Elika (2025) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PBL – STEM MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84202_06081282126038_Cover.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126038_Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (179kB)
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126038.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126038_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126038_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126038_0001079008_0020078803_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126038_0001079008_0020078803_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (516kB)
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126038_0001079008_0020078803_02.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126038_0001079008_0020078803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (253kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126038_0001079008_0020078803_03.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126038_0001079008_0020078803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126038_0001079008_0020078803_04.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126038_0001079008_0020078803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (851kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126038_0001079008_0020078803_05.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126038_0001079008_0020078803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (71kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126038_0001079008_0020078803_06_ref.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126038_0001079008_0020078803_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84202_06081282126038_0001079008_0020078803_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84202_06081282126038_0001079008_0020078803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran PBL – STEM pada materi barisan dan deret aritmetika. Metodepenelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang terdiri dari 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap analisis data. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas X.4 SMA Negeri 3 Palembang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model PBL – STEM pada materi barisan dan deret aritmetika terkategori sedang dengan persentase pencapaian 72.48%. Indikator kemampuan pemecahan masalah yang memiliki kemunculan tertinggi yaitu melaksanakan rencana sebesar 90,8%. Sedangkan, indikator kemampuan pemecahan masalah yang memiliki kemunculan terendah yaitu memeriksa kembali sebesar 39,94%. Dalam pengerjaan soal, secara keseluruhan sebagian besar peserta didik dapat memenuhi empat indikator kemampuan pemecahan masalah dengan baik. Namun, pada indikator merencanakan penyelesaian dan memeriksa kembali siswa masih melakukan kesalahan yaitu kesalahan menuliskan rencana penyelesaian, dan tidak melakukan pengecekan ulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah, asesmen formatif, STEM
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA101-(145) Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1)
Depositing User: Windy Riska Hariani
Date Deposited: 22 Mar 2025 02:07
Last Modified: 22 Mar 2025 02:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/169786

Actions (login required)

View Item View Item