INDAH, LITA NUR and AR, Rusmin and Koryati, Dewi (2015) PENGARUH MODEL PEMECAHAN MASALAH PUTARAN GANDA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (962kB) | Preview |
Text
RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (357kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (637kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (545kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (220kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (221kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang Iebih tinggi pengaruh model pemecahan masalah putaran ganda dengan model kooperatif skrip terhadap kemampuan pemecahan masaJah peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Palembang, penelitian ini menggunakan jenis penelitian True Eksperimental Design, dengan bentuk Pretest-Postest Control Group Design. PopuJasi penehtian ini seluruh peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 2 Palembang yang terdiri dari 3 kelas semester ganjil tahun 20 J 4 yang berjumlah 84 peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan didapatlah kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 56. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan observasi. Statistik yang digunakan untuk menganaJisa data dalam pembuktian adaJah statistik parametris meJaJui hipotesis (uji-t) dengan mengunakan rwnus uji-t Related (untuk sampel berpasangan) dan taraf signifikansi (a) = 5% dan dk = nl + n2 -2 jadi (dk = 28 +28 - 2 = 54). Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 3,0~5 sedangkan tin1erpotasi sebesar 2,006. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada perbedaan pengaruh model pemecahan masalah putaran ganda dengan model kooperatif skrip terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Palembang. Perbedaannya dapat dilihat dari basil tes peserta didik pada kelas eksperimen dengan nilai pretest sebesar 55,3 dan postes sebesar 85,03. Maka dalam penerapan model pemecahan masalah putaran ganda diharapkan bagi guru mampu membimbing dan memfokuskan dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pemecahan .Masalah Putaran Ganda, Kemampuan Pemecahan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 08:33 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 08:33 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17156 |
Actions (login required)
View Item |