PENGARUH MODEL PEMECAHAN MASALAH PUTARAN GANDA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG

INDAH, LITA NUR and AR, Rusmin and Koryati, Dewi (2015) PENGARUH MODEL PEMECAHAN MASALAH PUTARAN GANDA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_01_font_ref. pdf.pdf]
Preview
Text
RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (962kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_02. pdf.pdf] Text
RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_03. pdf.pdf] Text
RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (637kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_04. pdf.pdf] Text
RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (545kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_05. pdf.pdf] Text
RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_06_ref. pdf.pdf] Text
RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_07_lamp. pdf.pdf] Text
RAMA_87203_06101003030_0026085607_0022086402_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang Iebih tinggi pengaruh model pemecahan masalah putaran ganda dengan model kooperatif skrip terhadap kemampuan pemecahan masaJah peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Palembang, penelitian ini menggunakan jenis penelitian True Eksperimental Design, dengan bentuk Pretest-Postest Control Group Design. PopuJasi penehtian ini seluruh peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 2 Palembang yang terdiri dari 3 kelas semester ganjil tahun 20 J 4 yang berjumlah 84 peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan didapatlah kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 56. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan observasi. Statistik yang digunakan untuk menganaJisa data dalam pembuktian adaJah statistik parametris meJaJui hipotesis (uji-t) dengan mengunakan rwnus uji-t Related (untuk sampel berpasangan) dan taraf signifikansi (a) = 5% dan dk = nl + n2 -2 jadi (dk = 28 +28 - 2 = 54). Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 3,0~5 sedangkan tin1erpotasi sebesar 2,006. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, bahwa ada perbedaan pengaruh model pemecahan masalah putaran ganda dengan model kooperatif skrip terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Palembang. Perbedaannya dapat dilihat dari basil tes peserta didik pada kelas eksperimen dengan nilai pretest sebesar 55,3 dan postes sebesar 85,03. Maka dalam penerapan model pemecahan masalah putaran ganda diharapkan bagi guru mampu membimbing dan memfokuskan dalam proses pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pemecahan .Masalah Putaran Ganda, Kemampuan Pemecahan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB1-3840 Economic theory. Demography
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 19 Nov 2019 08:33
Last Modified: 19 Nov 2019 08:33
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17156

Actions (login required)

View Item View Item