PRIMADHANI, ULFA and Firmansyah, Firmansyah and Jie, Ferry (2025) HUBUNGAN ANTARA MUTU PELAYANAN ANTENATAL TERPADU DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN KEBIDANAN RS KEMENKES MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG. Other thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Image
RAMA_11708_04052782125001_cover.JPG - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (134kB) | Preview |
![]() |
Text
RAMA_11708_04052782125001.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_11708_04052782125001_ TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (18MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_11708_04052782125001_887330017_8867330017_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
RAMA_11708_04052782125001_887330017_8867330017_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (915kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_11708_04052782125001_887330017_8867330017_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (333kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_11708_04052782125001_887330017_8867330017_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (349kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_11708_04052782125001_887330017_8867330017_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (241kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_11708_04052782125001_887330017_8867330017_06.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (143kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_11708_04052782125001_887330017_8867330017_07_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (195kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_11708_04052782125001_887330017_8867330017_08_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN ANTENATAL TERPADU DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN KEBIDANAN RS KEMENKES MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG Latar Belakang: Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan indikator penting dalam menilai keberhasilan upaya kesehatan ibu dan derajat kesehatan masyarakat. Kualitas pelayanan antenatal terpadu/antenatal care (ANC) berperan dalam meningkatkan kepuasan ibu hamil, yang dapat diukur melalui lima dimensi SERVQUAL, yaitu keandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan berwujud. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan ANC dengan tingkat kepuasan ibu hamil di Instalasi Rawat Jalan Kebidanan RS Kemenkes Mohammad Hoesin Palembang yang belum pernah diteliti sebelumnya. Metode: Penelitian ini merupakan studi observasional dengan pendekatan cross�sectional terhadap ibu hamil yang berkunjung dan melakukan pemeriksaan Antenatal terpadu setidaknya 4 kali di Instalasi Rawat Jalan Kebidanan RS Kemenkes Mohammad Hoesin Palembang. Kualitas pelayanan meliputi 5 dimensi, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Kepuasan dinilai menggunakan instrumen kuesioner yang sudah dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data dilakukan secara univariat, bivariat, dan multivariat. Nilai-p <0,05 dinyatakan signifikan secara statistik. Hasil: Terdapat hubungan signifikan kategori mutu layanan ANC terhadap tingkat kepuasan pasien (p= 0,001). Dimensi tangible, responsiveness, dan empathy memiliki hubungan signifikan dengan kepuasan ibu hamil (p < 0,05), sedangkan reliability dan assurance tidak menunjukkan hubungan yang signifikan. Dimensi responsiveness memiliki pengaruh paling kuat terhadap kepuasan ibu hamil dengan OR = 7,121 (IK95% 1,908-26,580, p = 0,001). Kesimpulan: Mutu layanan ANC berhubungan signifikan dengan kepuasan pasien, terutama pada dimensi tangible, responsiveness, dan empathy. Kata Kunci: ibu hamil, kualitas, pelayanan antenatal, poliklinik kebidanan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ibu hamil, kualitas, pelayanan antenatal, poliklinik kebidanan |
Subjects: | R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG940-991 Maternal care. Prenatal care services |
Divisions: | 04-Faculty of Medicine > 11708-Obstetric and Gynecology (Sp |
Depositing User: | Ulfa Primadhani |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:40 |
Last Modified: | 21 May 2025 04:34 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/171632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |