MAHENDRA, AVILA PUTRI and Tamsyah, Indra (2025) UPAYA DIPLOMASI PUBLIK UNESCO MELALUI SEVENTEEN DALAM MEMBANTU ISU KEPEMUDAAN DAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
![]() ![]() Preview |
Image
RAMA_84201_07041282126067_COVER.jpg - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (195kB) | Preview |
![]() |
Text
RAMA_84201_07041282125057.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84201_07041282125057_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84201_07041282125057_0025058808_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text
RAMA_84201_07041282125057_0025058808_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (234kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84201_07041282125057_0025058808_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (245kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84201_07041282125057_0025058808_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84201_07041282125057_0025058808_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84201_07041282125057_0025058808_06.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (143kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84201_07041282125057_0025058808_07_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (257kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_84201_07041282125057_0025058808_08_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (940kB) | Request a copy |
Abstract
Isu kepemudaan dan pendidikan merupakan konsep kompleks yang dihadapi oleh generasi muda dalam konteks global yang menunjukkan adanya keterbatasan dan kesenjangan terhadap akses pendidikan berkualitas dan program pemberdayaan pemuda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya diplomasi publik UNESCO melalui SEVENTEEN dalam membantu isu kepemudaan dan pendidikan berkelanjutan diseluruh dunia. Penelitian menggunakan konsep diplomasi publik menurut Mark Leonard yang terdiri dari tiga dimensi yaitu News Management, Strategic Communication, dan Relationship Building. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus pada studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa diplomasi publik UNESCO melalui kolaborasi dengan SEVENTEEN sebagai Goodwill Ambassador for Youth telah berhasil dalam memperkenalkan dan mempromosikan isu kepemudaan serta pendidikan berkelanjutan di tingkat global. Melalui kampanye "Going Together", UNESCO memanfaatkan pengaruh besar SEVENTEEN sebagai grup musik internasional yang memiliki audiens muda yang luas untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan berkelanjutan serta mendorong partisipasi aktif generasi muda dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan. Keberhasilan upaya ini terbukti melalui publikasi media internasional, manajemen narasi positif terkait kontribusi global SEVENTEEN, tingginya engagement di media sosial pada setiap postingan kolaborasi, serta konferensi pers internasional yang memperkuat misi UNESCO dalam menyebarkan pesan-pesan tentang kepemudaan dan pendidikan berkelanjutan secara lebih luas. Penelitian ini menunjukkan bagaimana kekuatan budaya pop dapat menjadi sarana efektif dalam menyampaikan pesan-pesan penting suatu organisasi internasional secara global. Kata Kunci: Diplomasi Publik, UNESCO, Kepemudaan, Seventeen, Pendidikan, Kpop
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diplomasi Publik, UNESCO, Kepemudaan, SEVENTEEN, Pendidikan, KPop |
Subjects: | J Political Science > JZ International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy J Political Science > JZ International relations > JZ4841-4848 Political non-governmental organizations. NGOs |
Divisions: | 07-Faculty of Social and Politic Science > 84201-International Relations (S1) |
Depositing User: | Avila Putri Mahendra |
Date Deposited: | 14 May 2025 04:39 |
Last Modified: | 14 May 2025 04:39 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/172130 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |