UPAYA DIPLOMASI PUBLIK UNESCO MELALUI SEVENTEEN DALAM MEMBANTU ISU KEPEMUDAAN DAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN

MAHENDRA, AVILA PUTRI and Tamsyah, Indra (2025) UPAYA DIPLOMASI PUBLIK UNESCO MELALUI SEVENTEEN DALAM MEMBANTU ISU KEPEMUDAAN DAN PENDIDIKAN BERKELANJUTAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84201_07041282126067_COVER.jpg]
Preview
Image
RAMA_84201_07041282126067_COVER.jpg - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84201_07041282125057.pdf] Text
RAMA_84201_07041282125057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84201_07041282125057_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84201_07041282125057_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84201_07041282125057_0025058808_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84201_07041282125057_0025058808_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_84201_07041282125057_0025058808_02.pdf] Text
RAMA_84201_07041282125057_0025058808_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84201_07041282125057_0025058808_03.pdf] Text
RAMA_84201_07041282125057_0025058808_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84201_07041282125057_0025058808_04.pdf] Text
RAMA_84201_07041282125057_0025058808_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84201_07041282125057_0025058808_05.pdf] Text
RAMA_84201_07041282125057_0025058808_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84201_07041282125057_0025058808_06.pdf] Text
RAMA_84201_07041282125057_0025058808_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84201_07041282125057_0025058808_07_ref.pdf] Text
RAMA_84201_07041282125057_0025058808_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84201_07041282125057_0025058808_08_lamp.pdf] Text
RAMA_84201_07041282125057_0025058808_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (940kB) | Request a copy

Abstract

Isu kepemudaan dan pendidikan merupakan konsep kompleks yang dihadapi oleh generasi muda dalam konteks global yang menunjukkan adanya keterbatasan dan kesenjangan terhadap akses pendidikan berkualitas dan program pemberdayaan pemuda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya diplomasi publik UNESCO melalui SEVENTEEN dalam membantu isu kepemudaan dan pendidikan berkelanjutan diseluruh dunia. Penelitian menggunakan konsep diplomasi publik menurut Mark Leonard yang terdiri dari tiga dimensi yaitu News Management, Strategic Communication, dan Relationship Building. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus pada studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa diplomasi publik UNESCO melalui kolaborasi dengan SEVENTEEN sebagai Goodwill Ambassador for Youth telah berhasil dalam memperkenalkan dan mempromosikan isu kepemudaan serta pendidikan berkelanjutan di tingkat global. Melalui kampanye "Going Together", UNESCO memanfaatkan pengaruh besar SEVENTEEN sebagai grup musik internasional yang memiliki audiens muda yang luas untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan berkelanjutan serta mendorong partisipasi aktif generasi muda dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan. Keberhasilan upaya ini terbukti melalui publikasi media internasional, manajemen narasi positif terkait kontribusi global SEVENTEEN, tingginya engagement di media sosial pada setiap postingan kolaborasi, serta konferensi pers internasional yang memperkuat misi UNESCO dalam menyebarkan pesan-pesan tentang kepemudaan dan pendidikan berkelanjutan secara lebih luas. Penelitian ini menunjukkan bagaimana kekuatan budaya pop dapat menjadi sarana efektif dalam menyampaikan pesan-pesan penting suatu organisasi internasional secara global. Kata Kunci: Diplomasi Publik, UNESCO, Kepemudaan, Seventeen, Pendidikan, Kpop

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Diplomasi Publik, UNESCO, Kepemudaan, SEVENTEEN, Pendidikan, KPop
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ1305-2060 Scope of international relations. Political theory. Diplomacy
J Political Science > JZ International relations > JZ4841-4848 Political non-governmental organizations. NGOs
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 84201-International Relations (S1)
Depositing User: Avila Putri Mahendra
Date Deposited: 14 May 2025 04:39
Last Modified: 14 May 2025 04:39
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/172130

Actions (login required)

View Item View Item