ANALISIS NILAI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP TINGKAT KUALITAS PELAYANAN JASA PENYEBERANGAN FERRY RUTE PELABUHAN TANJUNG API-API – TANJUNG KALIAN

FANHAR, MUHAMMAD and Rhaptyalyani, Rhaptyalyani (2024) ANALISIS NILAI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP TINGKAT KUALITAS PELAYANAN JASA PENYEBERANGAN FERRY RUTE PELABUHAN TANJUNG API-API – TANJUNG KALIAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03011281823135_cover.jpeg]
Preview
Image
RAMA_22201_03011281823135_cover.jpeg - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_22201_03011281823135.pdf] Text
RAMA_22201_03011281823135.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011281823135_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_22201_03011281823135_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011281823135_0003048506_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03011281823135_0003048506_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[thumbnail of RAMA_22201_03011281823135_0003048506_02.pdf] Text
RAMA_22201_03011281823135_0003048506_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011281823135_0003048506_03.pdf] Text
RAMA_22201_03011281823135_0003048506_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011281823135_0003048506_04.pdf] Text
RAMA_22201_03011281823135_0003048506_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011281823135_0003048506_05.pdf] Text
RAMA_22201_03011281823135_0003048506_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (480kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011281823135_0003048506_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03011281823135_0003048506_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011281823135_0003048506_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03011281823135_0003048506_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan penumpang kapal ferry Pelabuhan Tanjung Api-Api terhadap kualitas pelayanan jasa penyeberangan rute Pelabuhan Tanjung Api-Api - Tanjung Kalian. Metode yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Model) melalui aplikasi AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kepuasan penumpang adalah penampilan fisik, ketergantungan, daya tanggap, dan empati. Faktor prioritas untuk meningkatkan kepuasan penumpang adalah wujud fisik dan daya tanggap, terkait dengan fasilitas dan pelayanan yang sigap. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang, kecuali jaminan. Kepuasan penumpang terpenuhi dengan peningkatan pelayanan, termasuk fasilitas, kecepatan pelayanan, dan kepedulian terhadap penumpang. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan Penumpang Rute Pelabuhan Penyeberangan Tanjung Api-Api – Pelabuhan Tanjung Kalian ditunjukkan dengan hasil pengujian nilai p-value wujud fisik sebesar 0.000 < 0.05, kehandalan sebesar 0,027 < 0,05, daya tanggap sebesar 0.000 < 0.05, dan empati 0,036 < 0,05, keempat parameter tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan penumpang karena nilai p-value lebih besar dari 0,05. Sedangkan jaminan dengan nilai p-value sebesar 0,766 > 0,05. tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan penumpang, dikarenakan p-value berada diatas nilai yang disyaratkan yaitu 0,05. Dan kepuasan penumpang kapal ferry terpenuhi jika dilakukan peningkatan pelayanan dalam menyediakan fasilitas-fasilitas yang dapat dirasakan kebermanfaatannya secara fisik, memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap, serta meningkatkan kepedulian terhadap penumpang dengan memberikan perhatian lebih kepada penumpang dan lebih memahami kebutuhan dan keinginan mereka. Kata kunci: Kualitas Layanan, Kepuasan Penumpang, Wujud Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan Penumpang, Wujud Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1-2040 Engineering (General). Civil engineering (General) > TA145 General works. Civil engineering, etc. 1850-
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Muhammad Fanhar
Date Deposited: 21 May 2025 07:42
Last Modified: 21 May 2025 07:42
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/173524

Actions (login required)

View Item View Item