CAMTIKA, CLARA EXSI and Kurnisar, Kurnisar (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAMIFIKASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
![]() ![]() Preview |
Image
RAMA_87205_06051282126049_cover.jpg - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (646kB) | Preview |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126049.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126049_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126049_0005037604_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (345kB) |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126049_0005037604_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (248kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126049_0005037604_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (96kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126049_0005037604_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (280kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126049_0005037604_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (72kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126049_0005037604_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (82kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_87205_06051282126049_0005037604_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis gamifikasi terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X dengan jumlah 172 peserta didik, sampel diambil menggunakan teknik non probability sampling jenis purposive sampling dengan total sebanyak 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji Repeated Measures ANOVA, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 ≤ 0,05, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran berbasis gamifikasi terhadap motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis gamifikasi dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran inovatif bagi pendidik di satuan Pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Clara Exsi Camtika |
Date Deposited: | 25 May 2025 13:47 |
Last Modified: | 25 May 2025 13:47 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/173900 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |