ANALISIS SOAL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA) BUATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE

HIKMAH, CHIKA VARIZA and Fathurohman, Apit (2025) ANALISIS SOAL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA) BUATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111382126064_cover.jpeg]
Preview
Image
RAMA_84203_06111382126064_cover.jpeg - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126064.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126064_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126064_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126064_0027067701_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126064_0027067701_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (911kB)
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126064_0027067701_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126064_0027067701_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126064_0027067701_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126064_0027067701_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126064_0027067701_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126064_0027067701_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126064_0027067701_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126064_0027067701_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (77kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126064_0027067701_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126064_0027067701_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111382126064_0027067701_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111382126064_0027067701_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa literasi sains siswa Indonesia masih berada di bawah rata-rata internasional. Salah satu faktornya adalah terbatasnya latihan soal yang mendorong keterampilan berpikir kritis dan analitis. Seiring berkembangnya kecerdasan buatan seperti ChatGPT, muncul peluang baru untuk menghasilkan soal berbasis literasi sains. Namun, kualitas soal buatan AI ini masih perlu dikaji secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kualitas soal PISA yang dibuat oleh ChatGPT-4, meliputi analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memetakan potensi dan keterbatasan penggunaan kecerdasan buatan dalam mendukung pengembangan asesmen pendidikan. Metode yang digunakan adalah pendekatan mixed methods dengan analisis kualitatif terhadap konten soal dan analisis kuantitatif menggunakan model Rasch. Data diperoleh dari dokumentasi soal, uji coba kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 55 Palembang, serta validasi oleh ahli materi dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar soal memiliki validitas tinggi (>80%), reliabilitas yang baik, serta variasi tingkat kesukaran dan daya pembeda yang memadai. Temuan ini menunjukkan bahwa ChatGPT memiliki potensi sebagai alat bantu inovatif dalam pembuatan soal berbasis PISA, dengan catatan perlu adanya verifikasi ahli untuk memastikan kualitas akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PISA, Artificial Intelligence, ChatGPT, validitas soal, reliabilitas soal, asesmen pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Chika Variza Hikmah
Date Deposited: 26 May 2025 07:52
Last Modified: 26 May 2025 07:52
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/174144

Actions (login required)

View Item View Item