CANTIKA, FENTI and Ilhami, Akmillah (2025) PENGARUH MEDIA PUZZLE BERGAMBAR TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK B TUNAS MUDA LAHAT. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
![]() |
Image
RAMA_86207_06141282126060_cover.jpeg - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (290kB) |
![]() |
Text
RAMA_86207_06141282126060.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86207_06141282126060_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (20MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86207_06141282126060_2115109401_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text
RAMA_86207_06141282126060_2115109401_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (909kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86207_06141282126060_2115109401_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (678kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86207_06141282126060_2115109401_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86207_06141282126060_2115109401_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (402kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86207_06141282126060_2115109401_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (385kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86207_06141282126060_2115109401_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain puzzleterhadap kecerdasan anak usia 5-6 tahun di TK B Tunas Muda Lahat. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperimen dengan desain one shot case study. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 18 anak, yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 6 anak perempuan yang dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t satu sampel. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t yang diperoleh yang menunjukkan bahwa thitung sebesar 5,25 > dari ttabel 1,74 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kegiatan bermain puzzle terhadap kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di TK B Tunas Muda Lahat. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mengembangkan aspek lainnya seperti pada aspek kognitif melatih kemampuan berpikir simbolik, melatih kemampuan memecahkan masalah, pada aspek motorik halus yang melibatkan gerakan otot-otot kecil di mana koordinasi antara mata dan tangan, pada aspek sosial membantu mengatasi rasa malu dan takut, serta membantu mengatasi gangguan kelancaran berbicara. Kata kunci: Bermain Puzzle, Kecerdasan Emosional, Anak Usia 5-6 Tahun
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain Puzzle, Kecerdasan Emosional, Anak Usia 5-6 Tahun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early childhood education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86207-Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | Fenti Cantika |
Date Deposited: | 27 May 2025 02:31 |
Last Modified: | 27 May 2025 02:31 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/174298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |