FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS AKUN MEDIA SOSIAL BAWASLUSEBAGAI SARANA SOSIALISASI PEMILU TERHADAP PILIHAN MASYARAKAT PADA PEMILU TAHUN 2024 DI KOTA PALEMBANG

PUTRI, KIRANI VANIA and Thamrin, M. Husni and Saraswati, Erlisa (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS AKUN MEDIA SOSIAL BAWASLUSEBAGAI SARANA SOSIALISASI PEMILU TERHADAP PILIHAN MASYARAKAT PADA PEMILU TAHUN 2024 DI KOTA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_70201_07031382025271_cover.jpeg] Image
RAMA_70201_07031382025271_cover.jpeg - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (191kB)
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025271.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025271.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025271_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025271_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025271_0006066402_0013099204_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025271_0006066402_0013099204_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025271_0006066402_0013099204_02.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025271_0006066402_0013099204_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (558kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025271_0006066402_0013099204_03.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025271_0006066402_0013099204_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (560kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025271_0006066402_0013099204_04.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025271_0006066402_0013099204_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025271_0006066402_0013099204_05.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025271_0006066402_0013099204_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (641kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025271_0006066402_0013099204_06.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025271_0006066402_0013099204_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025271_0006066402_0013099204_07_ref.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025271_0006066402_0013099204_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_70201_07031382025271_0006066402_0013099204_08_lamp.pdf] Text
RAMA_70201_07031382025271_0006066402_0013099204_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Media sosial dianggap memiliki peran penting dalam mempengaruhi perilaku memilih masyarakat, maka dari itu Bawaslu menggunakan berbagai media sosial sebagai sarana sosialisasi Pemilu kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dominan mempengaruhi efektivitas akun media sosial Bawaslu sebagai sarana sosialisasi pemilu terhadap pilihan masyarakat pada Pemilu 2024 di Kota Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Provinsi Sumatera Selatan, dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Principal Component Alaysis (PCA). Hasil analisis menunjukkan bahwa atraktivitas media merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi efektivitas media sosial Bawaslu sebagai sarana sosialiasi Pemilu terhadap pilihan masyarakat pada Pemilu tahun 2024 di Kota Palembang, dengan tingkat efektivitas yang mampu dihasilkannya sebesar 87,183%. Dari keempat variabel aktraktivitas media, kejelasan media, kelengkapan informasi media dan kemudahan akses media, terbagi menjadi dua komponen. Komponen pada faktor utama yang mempengaruhi efektivitas media sosial Bawaslu sebagai sarana sosialiasi Pemilu terhadap pilihan masyarakat pada Pemilu tahun 2024 di Kota Palembang, adalah kejelasan media, kelengkapan informasi media dan kemudahan akses media, dengan didominasi oleh faktor kejelasan media. Sedangkan komponen pada faktor kedua yang mempengaruhi efektivitas media sosial Bawaslu sebagai sarana sosialiasi Pemilu terhadap pilihan masyarakat pada Pemilu tahun 2024 di Kota Palembang, didominasi oleh faktor atraktivitas media yang bahkan melebihi semua faktor pada komponen utama. Kata Kunci: Efektivitas, Media Sosial, Sarana Sosialisasi, Pemilu, Bawaslu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Sosial, Sarana Sosialisasi, Pemilu, Bawaslu
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 70201-Communication Science (S1)
Depositing User: Kirani Vania Putri
Date Deposited: 27 May 2025 05:49
Last Modified: 27 May 2025 05:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/174299

Actions (login required)

View Item View Item