IDENTIFIKASI TINGKAT REGULASI ANAK UNTUK KESIAPAN MASA TRANSISI KE SD DI ILIR BARAT 1 PALEMBANG

NOVIYANTI, TRI and Andika, Windi Dwi (2025) IDENTIFIKASI TINGKAT REGULASI ANAK UNTUK KESIAPAN MASA TRANSISI KE SD DI ILIR BARAT 1 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86207_06141381924042_cover.jpeg] Image
RAMA_86207_06141381924042_cover.jpeg - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (161kB)
[thumbnail of RAMA_86207_06141381924042.pdf] Text
RAMA_86207_06141381924042.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86207_06141381924042_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86207_06141381924042_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86207_06141381924042_06141381924042_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_86207_06141381924042_06141381924042_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_86207_06141381924042_06141381924042_02.pdf] Text
RAMA_86207_06141381924042_06141381924042_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86207_06141381924042_06141381924042_03.pdf] Text
RAMA_86207_06141381924042_06141381924042_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86207_06141381924042_06141381924042_04.pdf] Text
RAMA_86207_06141381924042_06141381924042_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (536kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86207_06141381924042_06141381924042_05.pdf] Text
RAMA_86207_06141381924042_06141381924042_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86207_06141381924042_06141381924042_06_ref.pdf] Text
RAMA_86207_06141381924042_06141381924042_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86207_06141381924042_06141381924042_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86207_06141381924042_06141381924042_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat regulasi diri anak usia 5-6 tahun di wilayah Ilir Barat 1 Palembang sebagai indikator kesiapan mereka dalam menghadapi masa transisi ke sekolah dasar (SD). Regulasi diri, yang meliputi kontrol perilaku, motivasi diri, dan otonomi diri, merupakan aspek fundamental dalam penyesuaian akademik dan sosial di lingkungan sekolah formal. Data dikumpulkan melalui survei menggunakan kuesioner daring berskala Likert 1-5 yang dibagikan kepada 27 orang tua siswa dari satu satuan PAUD di wilayah Ilir Barat 1 Palembang, yaitu TK AMELIA, pada tanggal 9-19 November 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas anak (88,89%) memiliki tingkat regulasi diri Sedang, sebagian kecil (11,11%) berada pada tingkat Rendah, dan tidak ada yang tergolong kategori Tinggi. Analisis dimensi menunjukkan skor rata-rata tertinggi pada Kontrol Perilaku (Mean=26,96), diikuti Otonomi Diri (Mean=18,67), dan skor terendah pada Motivasi Diri (Mean=14,85). Temuan ini mengimplikasikan perlunya perhatian pada pengembangan seluruh aspek regulasi diri anak di wilayah Ilir Barat 1 Palembang, dengan fokus khusus pada peningkatan motivasi diri sebagai fondasi penting dalam keberhasilan transisi ke SD. Penelitian lebih lanjut dengan melibatkan sampel yang lebih luas dari berbagai satuan PAUD di Ilir Barat 1 Palembang disarankan untuk mendapatkan gambaran yang lebih representatif. Kata Kunci: Regulasi Diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Regulasi Diri
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early childhood education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86207-Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Tri Noviyanti
Date Deposited: 27 May 2025 07:07
Last Modified: 27 May 2025 07:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/174360

Actions (login required)

View Item View Item