ADVENTUS, ADVENTUS and Minarsi, Minarsi (2025) HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2024 UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
![]() ![]() Preview |
Image
RAMA_86201_06071382126072_cover.jpg - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (447kB) | Preview |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071382126072.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071382126072_0001018705_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071382126072_0001018705_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071382126072_0001018705_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (65kB) |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071382126072_0001018705_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (297kB) |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071382126072_0001018705_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (306kB) |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071382126072_0001018705_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8kB) |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071382126072_0001018705_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (86kB) |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071382126072_0001018705_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penyesuaian diri dengan tingkat stres akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2024 Universitas Sriwijaya dan hubungan antar kedua variabel tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian ini melibatkan 90 mahasiswa sebagai sampel penelitian yang diperoleh dengan sensus/sampling total. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat penyesuaian diri mahasiswa berada pada kategori sedang 83% (75 mahasiswa), rendah 6% (5 mahasiswa), tinggi 11% (10 mahasiswa). Dengan tingkat stres akademik mahasiswa pada kategori sedang 80% (71 mahasiswa), rendah 9% (8 mahasiswa), tinggi 11% (10 mahasiswa). Dan tingkat stres akademik dilihat dari aspek aspeknya yaitu, pada aspek kognitif berada pada kategori rendah 9% (8 mahasiswa), sedang 80% (72 mahasiswa), dan tinggi 11% (10 mahasiswa). Pada aspek afektif, berada pada kategori rendah 10% (9 mahasiswa), sedang 78% (70 mahasiswa), dan tinggi 12% (11 mahasiswa). Dari aspek behavioral, berada pada kategori rendah 9% (8 mahasiswa), sedang dengan 79% (71 mahasiswa), dan tinggi 11% (10 mahasiswa). Dan pada aspek fisiologis, berada pada kategori rendah 16% (14 mahasiswa), sedang 72% (65 mahasiswa), dan tinggi 11% (10 mahasiswa). Kemudian nilai pearson correlation = 0,584 dan sig (2-tailed) 0,000 atau < 0,05 yang berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara penyesuaian diri dengan stres akademik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara penyesuaian diri dengan stres akademik pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2024 Universitas Sriwijaya. Kata kunci : penyesuaian diri, stres akademik, mahasiswa bimbingan dan konseling
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1) |
Depositing User: | Adventus Adventus |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 07:25 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 07:25 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/177054 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |