PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SD NEGERI 25 PALEMBANG MELALUI MODEL INQUIRY TRAINING

UNTARI, IKA and Masitoh, Masitoh and Rukiyah, Rukiyah (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SD NEGERI 25 PALEMBANG MELALUI MODEL INQUIRY TRAINING. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86206_06091413035_00251261104_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_86206_06091413035_00251261104_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86206_06091413035_00251261104_02.pdf] Text
RAMA_86206_06091413035_00251261104_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06091413035_00251261104_03.pdf] Text
RAMA_86206_06091413035_00251261104_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (283kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06091413035_00251261104_04.pdf] Text
RAMA_86206_06091413035_00251261104_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (457kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06091413035_00251261104_05.pdf] Text
RAMA_86206_06091413035_00251261104_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06091413035_00251261104_06_ref.pdf] Text
RAMA_86206_06091413035_00251261104_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86206_06091413035_00251261104_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86206_06091413035_00251261104_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SD Negeri 25 Palembang Melalui Model Inquiry Training “. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Inquiry Training di kelas V SD Negeri 25 Palembang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 25 Palembang Semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 31 orang siswa, terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Keberhasilan penelitian ini diamati berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai siswa siklus I dan siklus II. Siswa dinyatakan tuntas belajar jika sudah mencapai nilai ≤ 75 dan satu kelas dinyatakan tuntas belajar apabila telah mencapai angka 85% siswa yang mendapat nilai 70 atau lebih. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata hasil ujian setiap akhir siklus dan ketuntasan hasil belajar siswa secara berturut-turut sebelum diberi tindakan. Setelah diberi tindakan siklus I dan siklus II adalah 77,41%, 80,64%, 87,09%, dan 93,54%. Nilai rata-rata hasil ujian setiap akhir siklus secara berturut-turut adalah 77,25, 78,70,83,84, dan 95,32. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa model Inquiry Ttraining dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam, Hasil belajar, Model Inquiry Training.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1)
Depositing User: Users 2729 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2019 03:08
Last Modified: 22 Nov 2019 03:08
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17710

Actions (login required)

View Item View Item