EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA NEGERI 10 PALEMBANG TENTANG PERILAKU SELF-HARM

NURHALIZA, SITI and Putri, Rani Mega (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMA NEGERI 10 PALEMBANG TENTANG PERILAKU SELF-HARM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86201_06071382126079_cover.jpeg]
Preview
Image
RAMA_86201_06071382126079_cover.jpeg - Cover Image
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86201_06071382126079.pdf] Text
RAMA_86201_06071382126079.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382126079_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86201_06071382126079_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382126079_0218088802_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_86201_06071382126079_0218088802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (898kB)
[thumbnail of RAMA_86201_06071382126079_0218088802_02.pdf] Text
RAMA_86201_06071382126079_0218088802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (579kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382126079_0218088802_03.pdf] Text
RAMA_86201_06071382126079_0218088802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (605kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382126079_0218088802_04.pdf] Text
RAMA_86201_06071382126079_0218088802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (636kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382126079_0218088802_05.pdf] Text
RAMA_86201_06071382126079_0218088802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382126079_0218088802_06_ref.pdf] Text
RAMA_86201_06071382126079_0218088802_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (366kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071382126079_0218088802_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86201_06071382126079_0218088802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Masalah kesehatan mental di kalangan remaja, khususnya perilaku self- harm, menjadi isu yang semakin mengkhawatirkan dan memerlukan penanganan yang efektif melalui pendekatan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan video interaktif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai perilaku self-harm di SMA Negeri 10 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa kelas X.4 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan indikator perilaku agresif dan potensi self-harm. Instrumen penelitian berupa angket pemahaman yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Terdapat pula analisis data pendukung menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan hasil evaluasi layanan klasikal. Hasil analisis menunjukkan terdapat peningkatan signifikan pada skor pemahaman siswa setelah diberikan perlakuan berupa layanan klasikal menggunakan video interaktif berjudul “Strategi Mengatasi Perilaku Self-Harm”. Uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi <0,05, serta perhitungan N-Gain berada pada kategori sedang dengan efektivitas yang bermakna. Dengan demikian, penggunaan video interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa baik secara kognitif maupun afektif terhadap isu self-harm. Temuan ini menegaskan bahwa media interaktif dapat menjadi alternatif inovatif dalam layanan bimbingan dan konseling untuk membangun kesadaran, empati, dan keterampilan coping pada remaja. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam pengembangan strategi edukatif berbasis teknologi untuk isu kesehatan mental di sekolah. Kata kunci: Self-Harm, video interaktif, pemahaman siswa, Bimbingan dan Konseling, remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Self-Harm, video interaktif, pemahaman siswa, Bimbingan dan Konseling, remaja.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1)
Depositing User: Siti Nurhaliza
Date Deposited: 09 Jul 2025 03:51
Last Modified: 09 Jul 2025 03:51
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/177302

Actions (login required)

View Item View Item