AMALIA, SRI RIZKI and Chotimah, Umi and Kurnisar, Kurnisar (2015) PENGARUH PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 9 PALEMBANG PADA MATAPELAJARAN PPKn. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_ 87205_06101005019_ 0021126302_NIDN2_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (211kB) | Preview |
Text
RAMA_ 87205_06101005019_ 0021126302_NIDN2_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (173kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 87205_06101005019_ 0021126302_NIDN2_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (219kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 87205_06101005019_ 0021126302_NIDN2_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (605kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 87205_06101005019_ 0021126302_NIDN2_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (36kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 87205_06101005019_ 0021126302_NIDN2_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (20kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan scientific approach terhadap motivasi belajar siswa kelas VII pada matapelajaran PPKn. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa di SMP Negeri 9 Palembang berjumlah 858 orang. Teknik sampling yang di gunakan yaitu purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan VII.3 berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 9 Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan angket. Teknik observasi dilaksanakan setiap pertemuan sebanyak enam kali pertemuan dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen observasi pertama siswa memiliki kemampuan baik dengan persentase 73% dan observasi keenam menunjukan peningkatan yaitu 88%. Pada kelas kontrol observasi pertama 52% dan observasi keenam 71%. Teknik analisa data menggunakan SPSS versi 21 untuk uji hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test. Dari hasil pengolahan data dan analisis hasil penelitian diketahui motivasi belajar siswa meningkat dengan kriteria baik yaitu uji-t menunjukan thitung >ttabel yaitu 10,232 >2,000. Selanjutnya respon siswa terhadap scientific approach menunjukkan katagori baik dengan persentase 82%. Oleh karena itu penerapan scientific approach dapat dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Scientific Approach, Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Users 2590 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 05:01 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 05:01 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17741 |
Actions (login required)
View Item |