INOVASI PEMBENTUKAN MAL PELAYANAN PUBLIK DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAERAH

RIZQULLAH, AHMAD FAKHRI and Ridwan, Ridwan and Ngadino, Agus (2025) INOVASI PEMBENTUKAN MAL PELAYANAN PUBLIK DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAERAH. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74201_02011282126324_cover.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126324_cover.pdf - Cover Image
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[thumbnail of RAMA_74201_02011282126324.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126324.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282126324_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126324_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282126324_0012046302_0007088005_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126324_0012046302_0007088005_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_74201_02011282126324_0012046302_0007088005_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126324_0012046302_0007088005_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282126324_0012046302_0007088005_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126324_0012046302_0007088005_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (431kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282126324_0012046302_0007088005_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126324_0012046302_0007088005_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282126324_0012046302_0007088005_05_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126324_0012046302_0007088005_05_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011282126324_0012046302_0007088005_06_lamp.pdf] Text
RAMA_74201_02011282126324_0012046302_0007088005_06_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan publik merupakan merupakan segala bentuk kegiatan jasa pelayanan, berupa barang publik serta jasa publik yang merupakan tanggung jawab pemerintah, dinamika pelayanan publik terus berkembang seiring dengan perkembangan kebutuhan masyarakat dan zaman. Berdasarkan Pasal 386 Undang-Undang 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah yang mengamanatkan Pemerintah Daerah untuk dapat berinovasi dalam upaya perbaikan tata membag pemerintahan dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Salah satu inovasi pelayanan publik adalah pembentukan Mal Pelayanan Publik yang mengintegrasikan beberapa jenis layanan dalam satu Dembag terpadu. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana latar belakang inovasi pembentukan mal pelayanan publik dalam penyelanggaraan pemerintahan daerah? (2) Bagaimana implikasi inovasi pembentukan mal pelayanan publik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian embagai dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Hal yang melatar belakangi pembentukan Mal Pelayanan publik adalah kesejahteraan masyarakat, upaya perbaikan kualitas layanan publik, sejalan dengan semangat reformasi birokrasi, legitimasi pemerintah daerah, pertumbuhan ekonomi daerah dan kebutuhan masyarakat terhadap layanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman (2) Implikasi terhadap pemerintah daerah dengan terbentuknya Mal Pelayanan Publik berdampak pada budaya persaingan positif antar daerah untuk berinovasi dan terhadap masyarakat berdampak pada kemudahan dalam mengakses layanan yang efektif dan efisien. Namun, kebijakan inovasi yang bersifat anjuran, memunculkan kesenjangan pada kualitas pelayanan publik antar daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan Publik, Mal Pelayanan Publik, Pemerintah Daerah
Subjects: K Law > K Law (General) > K1960-1973 Public welfare. Public assistance
K Law > K Law (General) > K3400-3431 Administrative law
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Ahmad Fakhri Rizqullah
Date Deposited: 14 Jul 2025 02:08
Last Modified: 14 Jul 2025 02:08
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/177680

Actions (login required)

View Item View Item