SARI, NURUL and Usman, Nuraini and Maharani, Siti Dewi (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 15 PALEMBANG PADA PEMBELAJARAN BERSUBTEMA PEKERJAAN ORANG TUAKU MENGGUNAKAN STRATEGI ACTIVE LEARNING. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_86206_06091013036_0008025702_0015126004_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_86206_06091013036_0008025702_0015126004_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (166kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06091013036_0008025702_0015126004_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (421kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06091013036_0008025702_0015126004_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06091013036_0008025702_0015126004_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (123kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06091013036_0008025702_0015126004_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86206_06091013036_0008025702_0015126004_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bersubtema Pekerjaan Orangtuaku dengan menggunakan strategi Active Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 15 Palembang. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penilitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 39 siswa dan terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Analisis data menggunakan tes essay berjumlah 5 soal dan penilaian observasi yang terstruktur dengan deskriptor yang berbeda disetiap pertemuan. Ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 adalah 74,36%, pada siklus 2 adalah 87,18%, dan pada siklus 3 adalah 94,87%. Persentase rata-rata keaktifan siswa pada siklus 1 adalah 64,03%, pada siklus 2 adalah 76,49%, dan pada siklus 3 adalah 86,54%. Berdasarkan pada hasil penelitian, maka peneliti menyarankan agar guru menggunakan strategi pembelajaran Active Learning dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pembelajaran Tematik, Strategi pembelajaran Active Learning. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC230-235 Parent-teacher associations. Home and school associations |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 02:27 |
Last Modified: | 22 Nov 2019 02:27 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17795 |
Actions (login required)
View Item |