PENGARUH STRATEGI CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG

PRATIWI, INTAN and Indrawati, Sri and Nurbaya, Nurbaya (2016) PENGARUH STRATEGI CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_01_font. pdf.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_01_font. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (905kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_02. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_03. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_04. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (424kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_05. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_06_lamp. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06121402017_0012075914_0015085406_06_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh strategi Creative Problem Solving terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dengan perlakuan strategi Creative Problem Solving dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa dengan perlakuan Konvensional. Teknik analisis data menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 55,71 meningkat sebesar 28,28 menjadi 84,00 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 55,42 meningkat sebesar 20,20 menjadi 75,62 pada tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil analisis data dengan uji-t membuktikan bahwa thitung > ttabel atau (4,552) > (1,667) dengan df= 70 pada tingkat signifikasi 95%. Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Penggunaan strategi Creative Problem Solving memiliki pengaruh dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang” dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa strategi Creative Problem Solving berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dalam menulis karangan argumentasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Creative Problem Solving, karangan argumentasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 22 Nov 2019 02:51
Last Modified: 22 Nov 2019 02:51
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17802

Actions (login required)

View Item View Item