Analisis Algoritma Insertion Sort, Merge Sort dan Implementasinya dalam Bahasa Pemrograman C++

Saptadi, Arief Hendra and Sari, Desi Windi (2012) Analisis Algoritma Insertion Sort, Merge Sort dan Implementasinya dalam Bahasa Pemrograman C++. ANALISIS ALGORITMA INSERTION SORT, MERGE SORT DAN IMPLEMENTASINYA DALAM BAHASA PEMROGRAMAN C++, 4 (2). pp. 12-19. ISSN 2085-3688

[img] Text
Jurnal_Infotel_2_-_Akatel_SP.pdf

Download (471kB)
[img] Text
46
Restricted to Registered users only

Download (13kB) | Request a copy

Abstract

Makalah ini mengetengahkan kajian implementasi dan performa proses pengurutan menggunakan dua algoritma yang berbeda, yaitu Insertion Sort dan Merge Sort. Pada tahap pertama, kedua algoritma tersebut diimplementasikan dalam bahasa C++ untuk mengurutkan sejumlah angka yang diketikkan oleh pengguna. Pada tahap kedua, kode sumber untuk kedua algoritma tersebut diubah untuk dapat mengurutkan angka yang dihasilkan secara acak dengan jumlah angka sebanyak permintaan dari pengguna. Untuk mengetahui seberapa baik performa dalam mengurutkan data, maka dalam tahap terakhir, kedua algoritma tersebut mengurutkan sejumlah angka acak dengan rentang jumlah yang sudah ditentukan dan hasilnya kemudian dibandingkan. Dari eksperimen yang sudah dilakukan, algoritma merge sort telah memperlihatkan performa yang lebih baik, khususnya untuk jumlah data yang banyak (> 10000). Adapun algoritma insertion sort memiliki keuntungan dalam hal kompleksitas algoritma yang lebih rendah terutama dalam kondisi best case dan karena tidak menggunakan rutin rekursi dalam proses pengurutan, maka tidak membutuhkan ruang penyimpanan atau memori sebanyak algoritma Merge Sort.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Algoritma, Insertion Sort, Merge Sort, Performa, Bahasa C++
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1-9971 Electrical engineering. Electronics. Nuclear engineering > TK1 Electrical engineering--Periodicals. Automatic control--Periodicals. Computer science--Periodicals. Information technology--Periodicals. Automatic control. Computer science. Electrical engineering. Information technology.
Divisions: Faculty of Engineering > 20201-Electrical Engineering (S1)
Depositing User: Desi Windi Sari windisari
Date Deposited: 22 Nov 2019 07:17
Last Modified: 22 Nov 2019 07:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17818

Actions (login required)

View Item View Item