Buku Pengembangan Bahan Ajar: Teori dan Praktik(Similarity)

Purnomo, Mulyadi Eko and Supriyadi, Supriyadi and Heryana, Nandang and Alwi, Zahra and Ernalida, Ernalida and Sholikhah, Hani Atus (2025) Buku Pengembangan Bahan Ajar: Teori dan Praktik(Similarity). Turnitin Universitas Sriwijaya. (Submitted)

[thumbnail of B5_BUKU_PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR_-FILE_LENGKAP_compressed.pdf] Text
B5_BUKU_PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR_-FILE_LENGKAP_compressed.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Dengan mengucap syukur alhamdulillah, penulis sampaikan kehadirat Allah Subhanawataallah karena diberikan kesehatan dan hidayah. Buku Pengembangan Bahan Ajar : Teori dan Praktik ini merupakan hasil kajian yang telah dilakukan. Oleh karena itu, substansi materi telah diupayakan sesuai dengan analisis kebutuhan yang telah dilaksakan. Selain itu, substansi ini juga dapat menjadi acuan dalam tindak lanjutnya ke depan. Seorang pendidik, khususnya guru sebagai bagian dari keberasilan pendidikan dituntut mampu mengembangkan kompetensi, terutama kompetensi profesionalnya. Salah satunya, guru diharapkan dapat kreatif dan inovatif dalam mengembangkan bahan ajar. Hal ini berkaitan dengan komponen-komponen pada kompetensi profesional, yakni mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi. Komponen komponen ini menuntut guru agar mampu mengembangkan bahan ajar yang baik untuk mempermudah proses pembelajaran. Dalam kaitannya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia, komponen yang sangat penting ialah bahan ajar. Selama ini, bahan ajar yang berkembang dalam pelajaran Bahasa Indonesia cenderung bersifat umum, tidak mengacu pada teori teks, yakni genre dan jenis teks. Hal yang harus dipahami bahwa dalam penulisan teks dikenal perbedaan istilah genre (genre) dan jenis teks (text types). Karena itu, buku ini mencoba menjawab problem tersebut dengan menyuguhkan konsep bahan ajar berdasarkan teks. Diharapkan ini dapat menjawab permasalahan penyusunan iii teks selama ini yang cenderung lebih acak sehingga komponen pada genre tidak terpenuhi. Buku ini membahas aspek-aspek dalam penyusunan bahan ajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Untuk memudahkan pemahaman, pembaca akan disuguhi konsep bahan ajar ditinjau dari aspek teoretis dan praktis. Pada aspek teoretis, buku ini membahas perkembangan metode pembelajaran bahasa, pendekatan bahasa berbasis teks, pembelajaran teks berbasis eksplanasi dan kearifan lokal, serta pengembangan bahan ajar dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Pada aspek praktis, buku ini menyuguhkan berbagai jenis bahan ajar berbasis genre dan jenis teks.

Item Type: Other
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL8009.5-8014 Literature
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Articles Access for TPAK (Not Open Sources)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Zahra Alwi
Date Deposited: 28 Jul 2025 06:31
Last Modified: 28 Jul 2025 06:31
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/178259

Actions (login required)

View Item View Item