SATRIA, RIO RILO and Novera, Arfianna and Robijanto, Antonius Suhadi Agus (2017) PERLINDUNGAN HAK PENUMPANG PESAWAT DALAM HAL PENUNDAAN PENERBANGAN (DELAY) MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2009 TENTANG PENERBANGAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_74201_02121001097_0003115706_0012125203_01_front_ref.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (521kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02121001097_0003115706_0012125203_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (469kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02121001097_0003115706_0012125203_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (486kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02121001097_0003115706_0012125203_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (408kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02121001097_0003115706_0012125203_05_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (405kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02121001097_0003115706_0012125203_06_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (404kB) | Request a copy |
Abstract
Pengangkutan di Indonesia selalu menimbulkan konflik, permasalahan yang sangat sensitif salah satunya dalam hal ini ialah pengangkutan udara. Masalah mengenai hak atas ganti kerguian oleh pihak pengangkut dalam hal penundaan peenrbangan (delay) masih belum terlaksana dengan baik., sudah diatur secara jelas tentang hak-hak konsumen mendapatkan ganti kerugian sebagai bentuk tanggung jawab pihak maskapai karena telah melakukan penundaan penerbangan. Yang menjadi persoalan apakah hak-hak penumpanng pesawat itu sudah dijalankan oleh pihak maskapai penerbangan. Untuk itu Penulis mengkaji permasalahan ini dalam bentuk karya tulis ilmiah berupa penelitian empiris dengan judul Perlindungan Hak Penumpang Pesawat Dalam Hal Penundaan Penerbangan Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 dengan pokok permasalahan ialah pelaksanaaan perlindungan hak-hak pernumpang pesawat dalam hal penundaan penerbangan dan proses peneyelasaian masalah apabila hak penumpang tersebut dilanggar. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini ialah yuridis empiris. Hasil dari penelitian ini ialah dimana pihak maskapai melaksankan perlindungan hak ganti kerugian dengan berlandaskan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 89 Tahun 2015 tentang Penanganan Keterlamabatan Penerbangan (Delay Management) Pada Badan Usaha Angkutan Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal Di Indonesia, pelakasanaan ganti kerugian hak penumpang itu dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ada dan mengenai proses penyelesaian masalah sengketa antara konsumen dan pelaku usaha dapat diselesaikan di Badan Penyeelsaian Sengketa Konsumen (BPSK) dengan (dua) cara yaitu Konsiliasi dan Mediasi namun kenyataannya banyak pihak penumpang yang apabila haknya dilanggar tidak melakukan tuntutan atau gugatan kepada pelaku usaha dikarenakan alasan biaya perkara yang mahal dan membuang banyak waktu karena proses yang lama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Perlindungan Hak, Ganti Kerugian, Peneyelesaian Sengketa |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K623-968 Civil law |
Divisions: | 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1) |
Depositing User: | Mrs Dies Meirita Sari |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 04:20 |
Last Modified: | 22 Nov 2019 04:20 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/17846 |
Actions (login required)
View Item |