KLASIKASI SENTIMEN ULASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI ZALORA DI GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN ALGORITMA RANDOM FOREST

CENDIKIAWAN, RIZKY SAPUTRA and Ibrahim, Ali (2025) KLASIKASI SENTIMEN ULASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI ZALORA DI GOOGLE PLAY STORE MENGGUNAKAN ALGORITMA RANDOM FOREST. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_57201_09031182126027_cover.pdf] Image
RAMA_57201_09031182126027_cover.pdf - Cover Image
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (343kB)
[thumbnail of RAMA_57201_09031182126027.pdf] Text
RAMA_57201_09031182126027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031182126027_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_57201_09031182126027_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031182126027_0021078402_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031182126027_0021078402_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (923kB)
[thumbnail of RAMA_57201_09031182126027_0021078402_02.pdf] Text
RAMA_57201_09031182126027_0021078402_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031182126027_0021078402_03.pdf] Text
RAMA_57201_09031182126027_0021078402_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031182126027_0021078402_04.pdf] Text
RAMA_57201_09031182126027_0021078402_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (923kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031182126027_0021078402_05.pdf] Text
RAMA_57201_09031182126027_0021078402_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (94kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031182126027_0021078402_06_ref.pdf] Text
RAMA_57201_09031182126027_0021078402_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (142kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_57201_09031182126027_0021078402_07_lamp.pdf] Text
RAMA_57201_09031182126027_0021078402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis sentiment konsumen terhadap produk ZALORA di Google Play Store, dan menganalisis keakuratan metode random forest dalam klasifikasi sentiment. ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yang didasarkan pada filsafat positivisme dan menggunakan data konkret dan objektif. Jenis penelitian ini digunakan untuk mempelajari populasi atau sampel tertentu dengan mengukur data dan menggunakan statistik sebagai alat uji perhitungan. Hasil penelitian yang diperoleh yakni 1) Sentimen konsumen terhadap produk ZALORA cenderung positif, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil labeling data yang menunjukkan bahwa dari 1.200 ulasan yang dianalisis, sebanyak 762 ulasan (63,5%) merupakan ulasan positif. Visualisasi word cloud juga memperkuat kesimpulan ini, dengan dominasi kata-kata seperti "produk", "barang", dan "belanja" yang mencerminkan kepuasan konsumen terhadap layanan dan kualitas produk dari ZALORA. (2) Metode Random Forest menunjukkan performa yang baik dalam mengklasifikasikan sentimen ulasan konsumen. Berdasarkan evaluasi menggunakan confusion matrix, model ini berhasil mencapai akurasi sebesar 80%. Nilai precision, recall, dan F1-score untuk kategori sentimen positif masing- masing berada di atas angka 0,80, menunjukkan kemampuan klasifikasi yang cukup andal. Namun, performa model dalam mendeteksi ulasan negatif masih perlu ditingkatkan, mengingat adanya ketidakseimbangan klasifikasi pada beberapa data uji. (3) Proses preprocessing dan pembobotan kata menggunakan TF-IDF berperan penting dalam meningkatkan kualitas input untuk model klasifikasi. Tahapan seperti cleaning, stemming, dan stopword removal berhasil menyederhanakan data ulasan, sehingga membantu dalam pengenalan pola sentimen oleh algoritma.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Metode Random Forest, Konsumen Produk Zalora
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology > T58.5 General works Management information systems Cf. HD30.213 Industrial management Cf. HF5549.5.C6+ Communication in personnel management Cf. TS158.6 Automatic data collection systems (Production control)
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 57201-Information Systems (S1)
Depositing User: Rizky Saputra Cendikiawan
Date Deposited: 16 Jul 2025 07:33
Last Modified: 16 Jul 2025 07:33
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/178480

Actions (login required)

View Item View Item