ZUANDA, NATALIA and Tanjung, Romi Fajar (2025) EFEKTIVITAS LAYANAN KLASIKAL MENGGUNAKAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN SELF-COMPASSION SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TANJUNG BATU. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
![]() ![]() Preview |
Image
RAMA_86201_06071282126039_cover.jpeg - Cover Image Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (130kB) | Preview |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071282126039.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071282126039_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071282126039_0019119901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (823kB) |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071282126039_0019119901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (184kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071282126039_0019119901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (223kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071282126039_0019119901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (202kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071282126039_0019119901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (91kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071282126039_0019119901_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (120kB) | Request a copy |
![]() |
Text
RAMA_86201_06071282126039_0019119901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Fase remaja adalah fase transisi yang penting dalam kehidupan individu, ditandai dengan perubahan fisik, kognitif, emosional, dan sosial yang signifikan. Aspek emosional remaja sering kali melibatkan gejolak perasaan dan pencarian identitas, sementara aspek sosial melibatkan eksplorasi dalam hubungan sosial dan pembentukan identitas sosial. Self-compassion didefinisikan sebagai sikap memberikan pemahaman, perhatian, dan kebaikan pada diri sendiri ketika menghadapi kesulitan, kegagalan, atau penderitaan. Upaya untuk meningkatkan pemahaman self-compassion membutuhkan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas layanan klasikal menggunakan teknik two stay two stray untuk meningkatkan self-compassion siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tanjung Batu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri dari 22 siswa yang berada dalam 1 kelas dipilih dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan self-compassion siswa setelah diberikan layanan, dengan rata-rata skor meningkat dari 67.36 pada Pretest menjadi 117,27 pada Posttest. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05), yang menandakan terdapat pengaruh signifikan dari layanan klasikal menggunakan teknik two stay two stray dalam meningatkan self- compassion siswa. Kata Kunci: Self-Compassion, Layanan Klasikal, Two Stay Two Stray.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-Compassion, Layanan Klasikal, Two Stay Two Stray. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1) |
Depositing User: | Natalia Zuanda |
Date Deposited: | 15 Jul 2025 02:09 |
Last Modified: | 15 Jul 2025 02:09 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/178513 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |