Biomechanics Research for Mechanical Devices in Mechanical Engineering

Basri, Hasan (2018) Biomechanics Research for Mechanical Devices in Mechanical Engineering. In: Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat AVoER X "Applicable Innovation of Engineering and Science Research", 31 Oktober 2018, Hotel Aryaduta Palembang, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Keynote Speaker AVoER X 2018_31 Okt 2019_Compress.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://mesin.ft.unsri.ac.id

Abstract

Pengeluaran untuk alat kesehatan menunjukkan bahwa rata-rata pengeluaran nasional tahunan Rp17 triliun, peran industri nasional untuk merealisasikan pengeluaran 5% (Rp850 juta), dan 95% pelayanan kesehatan diimpor dari luar negeri. Kebutuhan dan peluang pasar untuk alat kesehatan sangat tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan pemodelan numerik berdasarkan Metode Elemen Hingga dan untuk mensimulasikan umur kelelahan dan tingkat pertumbuhan retak tulang kanselus. Metode yang digunakan adalah untuk menganalisis indeks morfologis tulang cancellous dan merekonstruksi struktur tulang cancellous dalam kualitas yang efektif untuk mempersiapkannya untuk dasar analisis mekanis pada gambar CT Mikro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerugian relatif yang ditentukan oleh pengukuran mikro-CT menunjukkan sedikit lebih rendah pada rata-rata 10% berbeda dibandingkan dengan pengukuran berat, tingkat degradasi ditentukan menggunakan area permukaan yang tepat (terdegradasi) pada waktu pencelupan tertentu menunjukkan rata-rata 20% lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat degradasi diperoleh dengan menggunakan luas permukaan asli. Ditemukan bahwa persetujuan yang baik dari modulus elastis ditentukan antara kerja eksperimental dan simulasi. Parameter morfologi fraksi volume, luas permukaan, dan pemisahan trabekuler spesimen berkorelasi signifikan terhadap waktu perendaman dan modulus elastis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Keynote)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ241-254.7 Machine construction (General) > TJ241.I59 Machine design--Congresses. Production engineering--Congresses
Divisions: Faculty of Engineering > 21001-Engineering Science (S3)
Depositing User: Prof.Dr.Ir Hasan Basri
Date Deposited: 25 Nov 2019 02:14
Last Modified: 25 Nov 2019 02:14
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18058

Actions (login required)

View Item View Item