HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN SELF COMPASSION PADA SISWA MAN 2 PALEMBANG

ANHAF, MUHAMMAD ADIB and Rozzaqyah, Fadhlina (2025) HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN SELF COMPASSION PADA SISWA MAN 2 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86201_06071282025046_cover.pdf] Image
RAMA_86201_06071282025046_cover.pdf - Cover Image
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_86201_06071282025046.pdf] Text
RAMA_86201_06071282025046.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071282025046_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86201_06071282025046_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071282025046_2125019302_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_86201_06071282025046_2125019302_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[thumbnail of RAMA_86201_06071282025046_2125019302_02.pdf] Text
RAMA_86201_06071282025046_2125019302_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071282025046_2125019302_03.pdf] Text
RAMA_86201_06071282025046_2125019302_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (507kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071282025046_2125019302_04.pdf] Text
RAMA_86201_06071282025046_2125019302_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071282025046_2125019302_05.pdf] Text
RAMA_86201_06071282025046_2125019302_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071282025046_2125019302_06_ref.pdf] Text
RAMA_86201_06071282025046_2125019302_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071282025046_2125019302_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86201_06071282025046_2125019302_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Regulasi emosi, yaitu kemampuan individu dalam mengendalikan, menilai, dan menyesuaikan respons emosional sesuai situasi, berkaitan erat dengan self- compassion, yakni sikap memperlakukan diri dengan kebaikan, memahami ketidaksempurnaan, dan bersikap empatik terhadap pengalaman sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat regulasi emosi dan self compassion serta bagaimana hubungan antara keduanya pada siswa MAN 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional dengan populasi berjumlah 302 responden dan sampel berjumlah 75 responden yang ditentukan menggunakan teknik Simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala regulasi emosi dan self compassion dengan tingkat reliabilitasnya sebesar 0,758 dan 0,840. Analisis data menggunakan teknik korelasi pearson product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat regulasi emosi pada siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 40% (29 siswa) dan tingkat self compassion pada siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 41% (30 siswa). Kemudian, koefiesien korelasi (rxy) sebesar 0,771 dan nilai rtabel dengan taraf signifikasi 5% (df=75-1) sebesar 0,227 maka didapatkan hasil 0,771 > 0,227 yang artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara regulasi emosi dengan self compassion pada siswa MAN 2 Palembang. Dimana semakin tinggi regulasi emosi maka semakin tinggi self compassion yang mereka alami. Dan begitu juga sebaliknya, semakin rendah regulasi emosi maka semakin rendah self compassion. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa regulasi emosi berperan penting dalam membentuk sikap welas asih terhadap diri sendiri. Oleh karena itu, penting bagi sekolah untuk mendukung pengembangan keterampilan emosional siswa sebagai bagian dari pendidikan karakter dan kesejahteraan psikologis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: regulasi emosi, self compassion, siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1)
Depositing User: Muhammad Adib Ahnaf
Date Deposited: 25 Jul 2025 04:29
Last Modified: 25 Jul 2025 04:29
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/180618

Actions (login required)

View Item View Item