BAHAR, MAGDALENA and Akhsan, Hamdi and Taufik, Taufik (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 LAHAT. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_84203_06111011044_0010026901_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111011044_0010026901_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (229kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011044_0010026901_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (347kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011044_0010026901_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (467kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011044_0010026901_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (90kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011044_0010026901_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (154kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111011044_0010026901_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran fisika kelas X di SMAN 1 Lahat. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan rancangan non-equivalent control group design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dimana kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol. Proses pembelajaran di kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Instruction dan di kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan teknik tes berbentuk soal essai sebanyak 8 soal untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa dan lembar observasi untuk melihat aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa N-gain rata-rata yang diperoleh siswa kelas eksperimen adalah 0,58 dengan kategori sedang dan N-gain rata-rata yang diperoleh siswa kelas control adalah 0,44 dengan kategori sedang. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan Uji t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung = 2,13 sedangkan ttabel = 1,99, terlihat bahwa thitung > ttabel. Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran fisika di kelas X SMAN 1 Lahat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Problem Based Instruction, Kemampuan berpikir kreatif |
Subjects: | Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 25 Nov 2019 02:49 |
Last Modified: | 25 Nov 2019 02:49 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/18087 |
Actions (login required)
View Item |